Jelang Ramadhan, Pemkab – Polres Sidak Harga Sembako di Pasar Gedongtataan, Ini Hasilnya

  • Bagikan

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Sehari jelang Bulan Ramadan 1442 H, 2021, Pemkab Pesawaran Lampung dan polres setempat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Gedongtataan, Senin (12/4/21).

Sidak digelar guna memantau harga sembikan bahan pokok (sembako) jelang bulan suci umat Islam itu.

Kepala Bagian Perekonomian, Merni Litayanthi juga koordinator pelaksana sidak, mengatakan hasil dari sidak ditemukan bahwa harga stok pangan ada yang mengalami kenaikan dan penurunan.

“Yang turun itu beras, harganya sekarang jadi Rp9 ribu dan untuk persediaannya juga cukup karena saat ini sedang panen raya, cabai juga harganya menurun menjadi Rp30 ribu perkilonya,” ujarnya, Senin (12/4/2021).

“Ada juga yang mengalami kenaikan harga selama sepekan ini seperti daging menjadi Rp140 ribu per kilogram, ayam Rp60 ribu dan telur Rp24ribu,” tambahnya.

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi masih dalam batas wajar dan tidak terlalu mengganggu proses jual beli di pasar.

“Kalau untuk harga masih wajar jika ada yang mengalami kenaikan karena kan menjelang bulan puasa, tapi hal tersebut tida mengganggu dan untuk persediaan aman ya karena kita juga sudah konfirmasi dengan pedagang dan distributornya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus melalukan pemantauan harga selama bulan puasa tahun ini.

“Kita akan selalu pantau bukan hanya hari ini saya, mungkin nanti jelang lebaran akan lebih intensif lagi karena pasti ada kenaikan harga walaupun tidak signifikan,” tuturnya.

Ia menuturkan, yang bertanggungjawab untuk terus memantau harga dan stok pangan di pasar adalah instansi terkait.

“Saya di sini sebagai koordinator pelaksana saja, yang bekerja tetap OPD terkait seperti dinas perdagangan untuk memangau stok minyak gula dan lain-lain sedangkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk memantau stok beras, cabai dan lainnya,” tutupnya.

BACA JUGA:  Terkuak! Penyebab Gaji ke-13 ASN Pesibar belum Tersalur Meski Sebenarnya APBD Siap

Diketahui, Dari pemkab diwakili Kepala Bagian Perekonomian dan Dinas Ketahanan Pangan. Sementara dari polres tampak Sat Intelkam Unit Ekonomi Polres Pesawaran.

(apr/rob/WII)

  • Bagikan