Pendamping PKH Kecamatan Padang Cermin Lakukan Pemutakhiran Data KPM

  • Bagikan

PADANGCERMIN, WII – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Tri Mulyo, Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran melakukan pemutakhiran data penerima PKH. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru (new normal).

“Pertemuan hari ini bertujuan memperbaharui data KPM PKH. Mendata apakah ada anggota keluarga KPM yang meninggal, mendata apakah KPM hamil, melahirkan, dan juga mendata pendidikan anaknya, seperti anaknya mencari sekolah baru, naik kelas, atau sudah tamat. Ini akan memengaruhi jumlah bantuan yang didapat,” jelas Edi selaku pendamping
PKH Kecamatan Padang Cermin.

PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat untuk kelurga prasejahtera dari Kementerian Sosial. Bantuan ini diharapkan agar dimanfaatkan oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan pangan, pendidikan, dan kesehatan.

“Besar harapan pemerintah agar bantuan dapat digunakan untuk modal usaha sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” ucap Edi.

Sementara itu, Tasman selaku kepala desa Trimulyo juga menambahkan bahwa penerima bantuan atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memiliki beberapa kriteria, antara lain yaitu keluarga yang memiliki anak balita, ibu hamil, serta keluarga yang masih memiliki anak yang masih sekolah.

“Jadi tidak semua yang masuk data
BDT (basis data terpadu-red) bisa juga menerima PKH kalau tidak memenuhi kriteria diatas, untuk itu saya juga selaku kepala desa mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat memahaminya,” jelas kades.

(Ded/Nj/WII)

BACA JUGA:  Bupati Dairi Sambut Kepala Perwakilan BPKP Sumut
  • Bagikan