Perjanan Politik Karo Jambi yang Meninggal, Dari Pemahzulan hingga tak Sempat Daftar ke KPU

  • Bagikan

KARO, WII – Pagi ini, Minggu (6/9/2020) dunia perpolitikan di Tanah Karo, Sumut, heboh atas kabar meninggalnya salah satu bakal calon Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.

Infirmasi yang beredar, Karo Jambi meninggal dunia di Rumah Sakit Columbia Asia Medan dan akan dikebumikan di Desa Ujung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Rencananya hari ini Karo Jambi bersama balonwabupnya Paulus Sitepu mendaftar ke KPU Karo.

Namun, Nasib berkata lain, ia meninggal dunia sebelum mendaftar.

BACA JUGA: Kabar Duka: Balonbup Karo Karo Jambi Surbakti Meninggal Dunia

Meninggalnya Karo Jambi Surbakti dibenarkan oleh Ketua DPD Partai Gokar Kabupaten Karo, Ferianta Purba.

“Sebagai salah satu partai yang mengusung Karo Jambi sebagai bapaslon, ikut merasa sedih, dan turut berduka cita atas kepergian mantan bupati Karo tersebut, ujar Ferianta

Diketahui, perjalanan politik Karo Jambi di Pilkada Karo tergolong tak mulus.

Ia sempat terpilih sebagai bupati Karo di pilkada 2010. Saat itu ia bergandengan dengn bupati saat ini, Terkelin Bramana. Namun di paruh kepemimpinannya ia dimahzulkan.

Pilkada kali ini ia berencana kembali menjdi kontestan di hajat lima tahunan pada 9 Desember 2020. Namun, belum sempat mendaftar ia wafat.

DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti merupakan mantan Bupati Karo periode 2010-2015 berpasangan dengan Terkelin Brahmana.

Namun ditahun 2014 tepatnya tanggal 11 Juli 2014, Gubernur Sumatera Utara saat itu dijabat Gatot Pujo Nugroho menyerahkan Surat Keputusan (SK) Presiden yang berisikan pemberhentian Karo Jambi sebagai Bupati Karo.

BACA JUGA: Partai Golkar Karo Pleno, Tentukan Pengganti Balonbup Jambi Surbakti yang Meninggal

Karo Jambi lahir di desa Kutambaru Kecamatan Tiganderket 17 November 1946. Ia dikenal juga sebagai pengusaha sukses dan ternama, bahkan di dunia perpolitikan.

BACA JUGA:  Bapaslon Yus Felesky-Paulus Daftar ke KPU Karo¬†

Ia pernah menjadi anggota DPRD Karo periode 2009-2011 dan Ketua DPD Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) tahun 2009-2012.

Di tahun 2012 hingga sekarang, Karo Jambi tercatat menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Karo.

Pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, Karo Jambi berpasangan dengan Paulus Sitepu yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN untuk bertarung merebut hati masyarakat memimpin Bumi Turang, yang rencananya hari ini mendaftar ke KPUD Karo sebagai Bapaslon Bupati dan wakil bupati Karo.

(rek/WII)

  • Bagikan