Inilah Pemenang Lomba Pidato Bahasa Lampung di Pesibar

607

KRUI, WII – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), menggelar lomba pidato Bahasa Lampung tingkat SLTP sederajat, yang dihelat di Hotel Kurma, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (10/9).

Lomba pidato bahasa Lampung tersebut dihadiri Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Azhari, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Fayumi Lutpi, dan dewan juri lomba pidato bahasa Lampung.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Fayumi Lutpi, menyampaikan kegiatan lomba pidato bahasa Lampung tersebut diikuti peserta sebanyak 30 peserta yang berasal dari 26 SLTP dan empat Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Pesibar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Pesibar yang disampaikan melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Azhari, mengatakan bahwa tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing menjadi salah satu bagian yang penting. Kecerdasan, kesehatan, dan keterampilan merupakan tiga indikator utama yang digunakan untuk mengukur SDM yang berdaya saing.

“Terbangunnya kecerdasan dan keterampilan itu tentunya sangat penting, karena akan semakin memacu pemerintah untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan diri dimasa mendatang,” tuturnya.

Menurutnya, melalui kegiatan lomba pidato bahasa Lampung tersebut juga akan meningkatkan peran aparatur pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera. “Sebagai bangsa yang maju dan ingin hidup sukses, harus meyakini bahwa jalan terbaik untuk mecapai sukses adalah dengan ilmu. Dengan ilmu maka kesuksesan akan kita peroleh melalui belajar dan membaca. Salah satu sarana untuk belajar adalah diperpustakaan,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Bupati Dairi Hadiri Pelantikan Rektor Unika Santo Thomas Medan

Masih kata dia, kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal maupun non formal, dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam mengahadapi peluang dan tantangan di era globalisasi saat ini. “Karenanya, Pemkab Pesibar menggelar lomba pidato bahasa Lampung tingkat SLTP, bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi anak sebagai generasi muda Pesibar agar cerdas, aktif, dan tumbuh sehat,” jelasnya.

“Ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Pesibar dalam meningkatkan kegemaran membaca secara terus menerus agar nantinya kita akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas, kuat, dan bermanfaat,” tukasnya.

Berikut daftar nama peserta yang berhasil meraih juara dalam lomba pidato bahasa Lampung tersebut.

Juara I
-Oktavia Kontesa
Murid SMPN 9 Krui

Juara II
-Anggi Nevitria Anggreini
Murid SMPN 1 Krui

Juara III
-Amanda Indra Putri
Murid SMPN 12 Krui

Juara Harapan I
-Debi Ananti
Murid SMPN 18 Krui

Juara Harapan II
-Putri Olivia
Murid SMPN 2 Krui

Juara Harapan III
-M. Muzirwan
Murid SMPN 17 Krui

(ers/WII)

Facebook Comments