Akhirnya Cawabup Naldi Penuhi Panggilan Bawaslu Pesawaran

258

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Setelah sebelumnya mangkir, Calon Wakil Bupati Kabupaten Pesawaran nomor urut satu, Naldi Rinara, mengaku baru akan memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran pada Senin (5/10) besok.

Hal itu disampaikan Naldi Rinara saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (4/10).

“Ya besok (Senin-red) jam satu siang rencananya baru akan ke kantor Bawaslu,” ucap Naldi.

Ia menjelaskan, ketidakhadiran dirinya pada saat pemanggilan pertama oleh Bawaslu dikarenakan dirinya masih harus menyelesaikan beberapa pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Dirinya juga enggan berkomentar lebih lauh perihal pemanggilan dirinya oleh lembaga independen pengawasan pemilu tersebut.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Pesawaran melakukan pemanggilan kepada Naldi Rinara, pemanggilan tersebut perihal adanya penggerakan massa dalam jumlah besar, yang dianggap melanggar PKPU tentang protokol kesehatan.

“Pada tanggal 28 September kemarin, informasi awal ada pergerakan massa sebanyak tiga bus yang didepannya ada banner paslon nomor urut satu, makanya kita langsung melakukan penelusuran dan kita tindaklanjuti dengan pemanggilan terhadap tim kampanye dan salah satu calon wakilnya,” jelas Ketua Bawaslu Pesawaran, Rian Arnando, beberapa hari yang lalu.

Dikatakannya lebih lanjut, jika terbukti melanggar aturan yang berlaku, Paslon nomor urut 1 bisa dikenakan sanksi administratif hingga ke pidana.

“Ini kan masih proses meminta keterangan ya, kita belum ada kesimpulan, tapi masih kami kaji apakah ini administrasi atau menuju pidana, nanti setelah kita selesai meminta keterangan akan kita plenokan dan kita sampaikan,” lanjutnya.

“Kalau masuk unsur pidana, mekanismenya akan kita serahkan ke Gakumdu, kita registrasi terkait dengan pelanggaran-pelanggarannya, ya nanti kita lihat hasil dari pengambilan keterangan dan kesimpulannya,” tutup dia. (Red/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Mengejutkan! B1KWK Partai Hanura Jatuh ke RAS-Ali Rahman di Pilkada Waykanan 2020