Drainase tak Berfungsi jadi Biang Kerok Banjir di Sebagian Badan Jalan Perniagaan Berastagi

235

KARO, WAKTUINDONESIA – Drainase di Kota Berastagi Kabupaten Karo, Sumatera Utara tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya, sebagian wilayah di kawasan kota Berastagi tepatnya di Jalan Perniagaan atau di depan Kantor Lurah TL Mulgap II Berastagi Kabupaten terendam banjir, akibat diguyur hujan pada Senin (5/10).

Diketahui, hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di daerah itu terjadi sejak pukul 13.30 WIB yang menyebabkan beberapa kawasan di pusat kota Berastagi terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Pantauan awak media dilapangan, bahwa dampak akibat banjir yang terjadi di wilayah itu juga mengakibatkan hampir sebagian akses jalan di Kota Berastagi terendam banjir.

Tidak hanya, akses jalan saja yang tergenang air, tapi sebagian rumah warga juga terendam banjir.

Menurut keterangan warga setempat A. Tarigan (34) mengatakan, setiap kali diguyur hujan lebat hampir sebagian wilayah Berastagi kususnya di Jalan Perniagaan ini sudah pasti dilanda banjir.

Banjir yang melanda kawasan tersebut katanya disebabkan karena banyaknya drainase di kota Berastagi berfungsi dan sudah tersumbat.

“Setiap kali hujan, Jalan Perniagaan ini sudah pasti terendam banjir. Karena, drainase tidak berfungsi lagi dan tidak pernah di perbaiki oleh pemerintah kususnya Kelurahan TL Mulgap II Berastagi Kabupaten Karo ini ,” sebutnya Tarigan.

Ia menerangkan, beberapa kawasan yang terendam banjir di kota Berastagi , Jalan Perniagaan, Jalan Jamin Ginting dan Jalan Pasar, dan berbagai titik lainnya.

Parahnya lagi kata Anton, wilayah yang terendam banjir cukup parah terjadi tepat di Jalan Jamin Ginting Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo .

“Sekarang air masih menggenangi kawasan Kota Berastagi, termasuk juga Jalan Jamin Ginting Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo,” ujarnya.

BACA JUGA:  2 Hari, Kasus Positif Corona di Lambar Bertambah 4, Ini Riwayatnya

Sementara warga lain K Surbakti ( 42 ) mengatakan, banjir yang menggenangi kota Berastagi ini sudah sangat meresahkan dirinya.

Sebab katanya, setiap kali hujan deras turun, dirinya selalu was-was. Karena, air selalu masuk kedalam rumahnya dan juga ke toko di Jalan Perniagaan miliknya.

“Karena air yang masuk ke toko beberapa barang-barang milik saya basah,” sebutnya

Lanjutnya, menyikapi persoalan ini dirinya berharap kepada pemerintah daerah kususnya Camat Berastagi untuk memperbaiki saluran air atau drainase Kota Berastagi ini .

Karena, hampir sebagian drainase di Kota Berastagi ini sudah tidak berfungsi. Sehingga, memicu banjir setiap kali diguyur hujan lebat dan mengakibatkan Drainase tidak berfungsi, sehingga genangan air menggenangi badan jalan dan juga rumah warga,” tutupnya.

Laporan : Bambang F, KARO – WII

Facebook Comments