Pemkab Mesuji Kembali Salurkan Bantuan, Kali Ini Program Bansos Beras Dilaunching Bupati Saply

  • Bagikan

MESUJI, WAKTUINDONESIA – Bupati Mesuji Saply kembali memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Mesuji berupa beras, bantuan kepada rumah ibadah, dan benih sayur, kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Muara Tenang Timur, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (14/10).

Dalam kesempatan itu, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji,
Kepala BGR LOGISTICS Lampung,
Kepala Bulog Divre Tulang Bawang,
Korwil PKH Provinsi Lampung,Kepala Dinas,Staf Ahli, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Camat dan Kepala Desa, Korkap PKH dan Pendamping PKH, serta Keluarga Penerima Manfaat.

Bupati Mesuji Saply menjelaskan, Launching Program Bantuan Sosial Beras sebagai tanda dimulainya proses penyaluran bantuan tersebut di Kabupaten Mesuji.

“Program Bantuan Sosial Beras merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak Covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya,” katanya.

Penyerahan bantuan berupa bahan pokok beras dan sejenisnya perlu dilakukan. Sebab, stimulus seperti ini akan sangat membantu masyarakat, dikarenakan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan terganggu akibat masih mewabahnya virus Covid-19 ini.

“Secara Nasional, jumlah Keluarga Penerima Bantuan Sosial Beras berjumlah 10 juta KPM, sedangkan di Kabupaten Mesuji sendiri mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 8.010 KPM, dengan jumlah bantuan 15 kg beras per bulan per KPM selama tiga bulan sehingga jumlah total bantuan sebanyak 360 ton,” jelas dia.

Selanjutnya,Kepada masyarakat para penerima manfaat, saya berharap bantuan dapat membantu mengurangi beban pengeluaran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pemerintah Kabupaten Mesuji secara simbolis juga menyerahkan bantuan hibah kepada rumah ibadah setempat.

“Adapun pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Mesuji telah dialokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk bantuan hibah rumah ibadah kepada 94 rumah ibadah se-Kabupaten Mesuji, dengan nilai bantuan yang bervariasi setiap rumah ibadah tergantung tingkat kebutuhan,” ungkap Bupati.

BACA JUGA:  Terimakasih Pak Polisi, Polres Pakpakbharat Bantu Korban Puting Beliung

Selain itu, pada kesempatan ini juga diberikan bantuan benih sayuran bagi masyarakat. Adapun benih bantuan yang diberikan antara lain benih kangkung, bayam, sawi, serta bibit cabe kecil, tomat, dan terong. Mudah-mudahan dapat meningkatkan produksi sayuran di masing-masing desa serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya berpesan pada kita semua untuk dapat mengawasi seluruh program bantuan bagi masyarakat karena masih banyaknya laporan masyarakat bahwa bantuan tidak tepat sasaran, ini perlu jadi perhatian kita bersama karena merupakan isu yang sensitif. Tingkatkan koordinasi antar stakeholder dan selalu turun ke bawah untuk memastikan bahwa bantuan tepat sasaran,” tegasnya. (Fan/WII)

4 viewers
  • Bagikan