Serunya Melebung ala Warga Mesuji

82

MESUJI WAKTUINDONESIA – Perlombaan menangkap ikan atau yang dikenal melebung oleh masyarakat asli Mesuji yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mesuji sukses menghibur masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Wiralaga, Kecamatan Mesuji, Kamis (19/11), itu dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Mesuji ke-12.

Tampak antusias ratusan masyarakat tua, muda, anak-anak baik peserta maupun yang hanya ingin menyaksikan memadati halaman Kantor Camat Mesuji, yang jadi lokasi kegiatan.

Terlebih, di sela-sela perlombaan dilakukan juga pembagian dorprise berupa pemberian hadiah kepada masyarakat yang mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan Bupati Mesuji Sapli, Sekretaris Daerah Samsudin, Serta para Kepala Dinas, Camat dan panitia acara yang hadir.

“Siapa yang bisa jawab dan menjabarkan isi sila ke-3 saya kasih hadiah. Siapa yang bisa tunjuk tangan dan naik keatas panggung,” tanya Bupati Sapli.

“Saya pak, saya pak,” sahut masyarakat dari bawah panggung sembari mengacungkan tulunjuk ingin menjawab kuis yang dilontarkan bupati pertama yang asli putra daerah Mesuji tersebut.

Setelah dibuka bupati, pembagian hadiah dengan kuis, dilanjutkan oleh sekda, Smsejumlah kepala dinas, dan camat Mesuji.

Diketahui, melebung merupakan kebiasaan mencari ikan dengan tangan yang dilakukan masyarakat pribumi mesuji saat musim kemarau tiba. Melebung atau lebung adalah tempat mengumpulnya ikan dicekungan rawa yang banjir saat dimusim penghujan, dan kering dimusim kemarau.

(fan)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Atlet 'Grand Master' Sea Games 2019 Dapat Penghargaan Bupati Bekasi