Bupati Dairi Serahkan Hadiah Lomba Perpustakaan SD dan SMP, Ini Sekolahnya

183

DAIRI, WAKTUINDONESIA – Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyerahkan hadiah dan uang pembinaan kepada pemenang lomba Perpustakaan tingkat SD dan SMP se-kabupaten Dairi, Rabu (25/11/2020) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dairi.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa salah satu keterampilan yang harus dimiliki di abad 21 adalah ketrampilan literasi sehingga keberadaan Perpustakaan sekolah diharapkan mampu meningkatkan minat literasi siswa.

Disampaikannya, tahun 2021 target Pemkab Dairi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Dairi, salah satu peningkatan SDM dapat dilakukan dengan gemar membaca karena buku adalah jendela dunia dan ilmu pengetahuan.

“Harus gemar membaca serta dapat memaknai bahan yang dibaca sehingga dapat memunculkan ide-ide sehingga apa yang kita ketahui dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kami juga ucapkan selamat Hari Guru ke-75 Tahun 2020, kepada seluruh Bapak/Ibu guru yang hadir pada kesempatan ini, semoga Bapak/ibu maupun seluruh guru yang ada di Indonesia semakin sukses dan jaya. Bangkitkan Semangat, wujudkan Merdeka Belajar,” tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dairi, Fatimah Boangmanalu melaporkan sesuai dengan pasal 23 ayat (1) UU No.43/2007 tentang Perpustakaan, perpustakaan Sekolah perlu meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik hal tersebut guna untuk meningkatkan gairah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan menjadi motivasi kepada perpustakaan-perpustakaan sekolah di Kabupaten Dairi untuk mengembangkan dan menfasilitasi kegiatan minat dan budaya baca pelajar dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Dengan adanya perlombaan Perpustakaan ini, kami berharap Perpustakaan di sekolah yang lain supaya dapat berbenah secepat mungkin. Lomba Perpustakaan ini diikuti oleh 16 Perpustakaan SMP dan 18 Perpustakaan SD. Serangkaian tahapan awal kegiatan dengan pengumpulan penilaian administrasi melalui penilaian instrument yang memuat 9 aspek penilaian, yaitu, Manajemen perpustakaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Gedung-ruang-sarana prasarana, Koleksi perpustakaan, Pengorganisasian bahan Pustaka, Layanan perpustakaan, Anggaran, Promosi Perpustakaan dan Kerjasama Perpustakaan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Wabup Mad Hasnurin Bagikan Seragam Gratis di SMPN 1 Liwa

Dalam laporannya, Fatimah menyampaikan Juara I lomba Perpustakaan tingkat SD diraih oleh UPT SDN No. 030306 Barisan Nauli, juara II diraih oleh UPT SDN No. 030289 Panji, juara III diraih oleh UPT SDN 030304 Sumbul Berampu, harapan I diraih oleh UPT SDN No. 030407 Lae Parira, harapan II diraih oleh UPT SDN No. 030391 Parongil dan harapan III diraih oleh UPT SDN No. 030368 Jambur Indonesia.

Sedangkan untuk juara I lomba Perpustakaan tingkat SMP diraih oleh SMPN 1 Berampu, juara II diraih oleh UPT SMPN 3 Sidikalang, juara III diraih oleh SMP Swasta Masyarakat Sempung, harapan I diraih oleh UPT SMPN 2 Siempatnempu Hulu, harapan II diraih oleh SMP Swasta St Paulus Sidikalang dan harapan III diraih oleh UPT SMPN 1 sidikalang.
(rhm)

Facebook Comments