Kadisbunnak Agustanto Paparkan Keunggulan Sekolah Kopi di Lambar

287

Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Lambar, Agustanto Basmar. Foto: (esa) Merly Sentosa/WAKTUINDONESIA

LIWA, WAKTUINDONESIA – Melalui Sekolah Kopi, Pemkab Lampung Barat (Lambar) tingkatkan pengetahuan petani tentang kopi.

Dimana para petani melalui Sekolah Kopi akan mendapatkan pembelajaran dan pembekalan perawatan sampai dengan pengelolan kopi yang baik dan benar sehingga membuat nilai jual lebih tinggi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Lambar, Agustanto Basmar saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (7/1/21) mengatakan, bahwa lokasi sekolah kopi merupakan kawasan Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa (ATP Korolla) sebagai pengembangan dari kawasan induk kopi Lambar. Dimana, kawasan ATP Korolla telah dilengkapi fasilitas pendukung berupa kawasan induk, kebun produksi dan kevun entres.

“Kalau di sekolah lain mungki dari sisi baristanya saja yang ditonjolkan, tapi punya kita budidayanya juga ada,” katanya.

Menurutnya, para petani nantinya akan mendapatkan pembelajaran atau pembekalan tentang kopi baik segi perawatan dan pengolahan kopi hingga siap minum, tentunya dengan cara-cara yang baik dan benar. Sebab, dengan pengelolaan kopi dengan cara-cara yang baik tentu meningkatkan nilai jual kopi itu sendiri. Dimana, ada 24 kelas yang dapat diikuti oleh para petani untuk meningkatkan pengetahuan tentang kopi tersebut.

“Nantinya ada beberapa kelas yang kita siapkan untuk peningkatan pengetahuan petani. Seperti cita rasa, disitu hanya mempelajari tentang cita rasa kopi, tentu dengan materi yang diberikan, tentang pupuk ya khusus kelas pupuk mengulas habis tentang pupuk,” ungkapnya.

Masih kata Agus, untuk sementara sebagai tenaga pendidik di sekolah kopi pihaknya telah menyediakan 12 orang. Dimana, sebelumnya, ke-12 orang tersebut telah mengikuti pelatihan-pelatihan kopi.

Agus berharap, dengan adanya sekolah kopi tersebut membuat pengetahuan petani meningkat. Serta berdampak pada peningkatan produksi kopi di Lambar dengan kualitas terbaik. (swi/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Tragedi SJ182