Mortir Peninggalan Perang Dunia II Diledakkan di Deleng Singkut

  • Bagikan

KARO, WAKTUINDONESIA — Tim Jihandak Sat Brimob Polda Sumut memusnahkan mortir sisa perang dunia II, Kamis (28/1/21).

Mortir berbentuk nanas itu sendiri ditemukan seorang warga di Kota Berastagi, Karo, Sabtu (23/1/21).

Kapolsekta Berastagi, Kompol Lindung Marpaung menjelaskan, tim dari Sat Brimob Polda Sumut dipimpin AKP D Pelawi memusnahkan peledak milik militer itu.

“Tujuan kedatangan tim ke Berastagi, untuk mengamankan dan melaksanakan pendisposalan (penghancuran) mortir yang ditemukan warga,” katanya.

Menurutnya, mortir yang ditemukan warga di Kota Berastagi itu merupakan bom militer sisa perang dunia ke II.

Secara prosedural, mortir tersebut dibawa ke Deleng Singkut, yang merupakan lokasi hutan dan jauh dari pemukiman penduduk.

“Selanjutnya mortir dimasukkan ke dalam wadah penghancuran yang kemudian diledakkan oleh tim Jihandak. Sebelum diledakkan, lokasi disterilisasi terlebih dahulu,” papar Marpaung.

Seperti diberitakan sebelumnya, bom jenis mortir ditemukan warga saat menggali pondasi bangunan di Kota Berastagi persisnya di Lingkungan II Kelurahan Tambak Lau Mulgap 1 Gang Kamboja rumah kontrakan Alm Purba, pada Sabtu (23/1).

Awalnya, tukang bangunan Fadli Halawa sedang menggali tanah untuk membuat pondasi bangunan rumah dan menemukan benda keras,” tutur Kapolsekta.

Saat benda itu dibersihkan, terlihat seperti bom jenis mortir, sehingga pihak kepolisian mengamankan benda itu ke Mako Polsekta Berastagi.

“Ukurannya panjang kurang lebih 26 Cm dengan diameter kurang lebih 7 Cm,” tutup Marpaung.

(rek/wii)

BACA JUGA:  Jalin Komunikasi, Dit Intelkam Polda Lampung Kunjungi FSML
  • Bagikan