Bupati Zahir Pimpin PW MABMI Sumut Priode 2021-2025

  • Bagikan

BATUBARA, WAKTUINDONESIA – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Masyarakat Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Datok Sri H. Syamsul Arifin melantik Bupati Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) Ir Zahir sebagai ketua Pengurus Wilayah Masyarakat Adat Budaya Melayu Indonesia (PW MABMI) Sumut Periode 2021 – 2025 di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Kamis (11/03/2021).

Datok Syamsul menilai Zahir paling tepat menjadi ketua PW MABMI. Ia menyebut tugas Zahir sebagai Ketua PW MABMI tidak gampang.

“Mari kita dukung PW MABMI untuk menjaga dan membesarkan adat dan budaya Melayu di Sumut,” harap Dato Syamsul yang juga pernah menjabat Gubernur Sumut itu.

Sementara, Ketua PW MABMI Sumut Zahir mengatakan, sebagai putra melayu ia mengucapkan terima kasih kepada PB MABMI dan berbagai pihak yang turut dalam membuat susunan organisasi PW MABMI Sumut.

“Hari ini saya diberikan kepercayaan sebagai ketua PW MABMI Sumut, dan sebagai putra melayu dan anak daerah Sumut, amanat yang diberikan ini akan dijunjung tinggi,” imbuhnya

Zahir berharap suku Melayu bersatu, dengan target utama para puak-puak melayu bersatu.

Itu guna memulai kesejahteraan orang Melayu, khususnya Suku Melayu di pelosok Sumut dan menjaga budaya dan adat Melayu yang tampak terkikis zaman.

“Untuk itu kita jaga bersama, dan sungguh-sungguh menjaga nilai adat dan nilai budaya Melayu,” pintanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menyampaikan bahwa titik pertama bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu. Untuk itu perlu menjaga budaya Melayu di Indonesia.

“Kedepannya saya menginstruksikan setiap hari Jumat pakai teluk belanga di daerah-daerah Melayu dan memakai pakaian adat masing masing daerah. Hal ini untuk menunjukkan budaya dan adat di Sumut sangat bernilai besar,” pintanya.

BACA JUGA:  Begini Upaya Disdikbud Melestarikan Cagar Budaya

“Dengan adanya MABMI, kiranya harus dibahas dan digali lagi sejarah tentang Melayu agar tidak habis terkikis sejarah tentang Melayu di Sumut oleh zaman,” pungkas Gubernur Edy.

(zfn/WII)

  • Bagikan