Jelang Gerakan Seniman Masuk Sekolah, Disdik Lambar Lakukan Seleksi

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA – Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Bumi Beguwai Jejama akan kembali dilaksanakan. Ikhwal demikian, Dinas Pendidikan Lambar lakukan seleksi dan sejumlah persiapan. Pasalnya, GSMS tersebut akan di selenggarakan pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Informasi tersebut dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar Riyadi Andryanto mewakili Kadis Disdikbud, Bulki, saat dikonfirmasi, Selasa (18/5/2021).

“Iya benar, hari ini Disdikbud melalui Bidang Kebudayaan melakukan seleksi kepada seniman yang terpilih guna menyambut pelaksanaan GSMS,” Jelasnya.

Menurut Riyadi, rencananya GSMS yang telah dilakukan di tahun ketiga terhitung sejak 2019 silam tersebut bakal digelar pertengahan bulan juni 2021 mendatang.

“Programnya rencana akan digelar mulai bulan Juni mendatang, secara garis besar tujuan GSMS ialah melibatkan seniman agar mereka bisa Menciptakan iklim kesenian yang kondusif di sekolah tingkat SD, SMP dan SMA,” Bebernya

“Juga menumbuhkan minat dan bakat peserta didik di bidang seni budaya, menjalin kerjasama dan sinergi antar sekolah denga seniman, meningkatkan ekosistem sekolah yang berbudaya dan melestarikan nilai budaya serta objek pemajuan kebudayaan,” Imbuhnya.

Sementara itu kata Riyadi, GSMS tersebut akan dilaksanakan dengan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh kementerian selaku pembuat program tersebut.

” Para seniman itu nantinya aka melaksanakan pembelajaran sebanyak 16 kali pertemuan dimulai bulan Juni hingga September,” Paparnya.

Masih kata Riyadi, seleksi yang diadakan di Sanggar Seni Setiwang Lambar tersebut di ikuti 30 seniman terpilih yang terbukti telah mempunyai karya tari maupun seni, dan akan bertugas di sekolah terpilih maupun sekolah yang telah mendaftar di Disdik Lambar.

BACA JUGA:  Kunjungi SDN 37 di Pemangku Talang 11, Ini Pesan Bupati Agus untuk Guru

“Ada 30 seniman yang mengikuti seleksi GSMS, dimana para seniman tersebut akan melaksanakan tufoksinya di sekolah terkait, ke 30 seniman tersebut akan bertugas di 25 sekolah tingkat SD hingga SMP dan lima lainnya di tingkat SMA,” pungkasnya.

(Erw/WII)

  • Bagikan