Rumah Warga Isolasi Mandiri di Pesawaran Dipasang Stiker, Polisi: Respons Kasus Meningkat

  • Bagikan

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Kepolisian Resort (Polres) Pesawaran Lampung merespon cepat penambahan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Bumi Andan Jejama dengan menempelkan stiker di rumah warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut dikemukanan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, Selasa (8/6/21).

“Sebagai langkah untuk memutus penyebaran Covid-19, kita sudah meminta masyarakat untuk tidak kontak fisik dan untuk warga yang sudah terkonfirmasi positif dan malakukan isolasi mandiri kita tempelkan stiker didepan rumah mereka jadi tidak ada warga lain yang berkunjung dan menyebabkan kluster baru,” kata dia.

Menurutnya, berdasarkan hasil tracing didapati informasi bahwa adanya klaster baru penyabaran Covid-19 tersebut disebabkan karena warganya yang bepergian keluar daerah.

“Mereka kemarin ada yang baru pulang berkunjung ke rumah saudara di daerah Kudus (Jawa Tengah) dan membesuk saudaranya yang sakit terpapar Covid19 di Semarang. Nah ketika sampai di rumah di Pesawaran pasien dinayatakan terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Vero mengimbau seluruh masyarakat di Kabupaten Pesawaran untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 diantaranya dengan mengenakan masker saat beraktivitas dil uar rumah dan tidak melakukan kontak fisik.

“Kita semua harus sama-sama dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, agar pandemi ini lekas berakhir,” ungkapnya.

Ia menuturkan, selama ini jajaran Polres Pesawaran bersama pihak terkait terus melaksanakan Operasi Yustisi untuk menertibkan prokes pada masyarakat namun pada kenyataannya masih ditemukan masyarakat yang melanggar prokes.

“Dalam hal ini kita juga sedang bahas bersama pihak terkait agar penerapan perda dan sanksinya dapat segera diberlakukan agar masyarakat lebih mematuhi prokes sehingga lebih maksimal dalam mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” tuturnya.

BACA JUGA:  Sukses! Pemkab Pesibar Sabet Penghargaan KLA dari Kemen-PPPA

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran, saat ini total pasien terkonfirmasi mencapai 101 kasus dan kasus kematian hingga 58 pasien.

Ketua Pelaksana Satgas Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa menyampaikan informasi terakhir perkembangan penyebaran covid-19.

Menurutnya, daerah Kabupaten Pesawarah masih berstatus zona orange meskipun ada peningkatan dengan bertambahnya zona merah hingga lima dari 11 kecamatan, lalu satu zona orange, tiga zona kuning serta dua zona hijau.

“Yang berzona merah itu ada di Kecamatan Way Lima, Kedondong, Tegineneng, Negerikaton, Gedong Tataan, kemudian Teluk Pandan zona orange, tiga zona kuning diantaranya Marga Punduh, Padang Cermin, Way Ratai, serta dua zona hijau yaitu Way Khilau dan Punduh Pedada,” tutupnya.

(apr/WII)

  • Bagikan