Sekdakab Pesawaran Sebut Status Zona Tidak Stabil Disetiap Kecamatan

  • Bagikan

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Status zona disetiap Kecamatan di Pesawaran masih tidak stabil dengan adanya penambahan enam pasien terkonfirmasi Covid-19, satu diantaranya meninggal dunia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Kesuma Dewangsa mengatakan, pasien meninggal merupakan warga Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran yang baru pulang dari luar kota.

“Pasien Whd (65) sebelumnya memang dari Palembang, lalu pasien mengeluh sakit batuk, sesak nafas, demam. Setelah itu keluarganya mengantarkan ke Puskesmas di Pedada, dan disarankan oleh pihak puskesmas untuk melakukan pemeriksaan antigen,” katanya, saat dikonfirmasi Senin (21/6/2021).

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan antigen ternyata pasien reaktif, karena keterbatasan fasilitas di puskesmas, pasien dirujuk ke Rumah Sakit Advent Bandar Lampung.

“Pasien juga memiliki riwayat jantung makanya disarankan untuk ke Rumah Sakit yang memang memadai fasilitasnya, dan saat di Rumah Sakit Advent pasien dirawat di ruang isolasi,” jelasnya.

Pada Sabtu (19/06/2021) Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran mendapatkan informasi dari pihak Rumah Sakit Advent bahwa pasien Whd telah meninggal.

“Jenazah dimakamkan kemarin (20/06/2021) dengan protokol pemakaman Covid-19 dan keluarga juga menyetujui,” jelasnya.

Saat ini pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan tracing terhadap kontak erat guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Jadi pihak Dinkes koordinasi dengan Puskes tempat pasien pertama kali diperiksa dan melakukan survei untuk mencari data kronologi dan melakukan pemantauan ke nama-nama kontak erat apabila bergejala kita lakukan SWAB,” peparnya.

Selain itu, adapun lima pasien yang terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dua orang dari Kecamatan Tegineneng, dua orang dari Kecamatan Gedong Tataan dan satu orang dari Kecamatan Teluk Pandan.

Berdasarkan Data Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran terupdate hari ini, dari 11 Kecamatan yang ada di Pesawaran ada tiga wilayah zona merah diantaranya Kecamatan Kedondong, Tegineneng dan Gedong Tataan.

BACA JUGA:  Giliran 46 Pegawai PTSP Naker Lambar Jalani Swab Test

Kemudian tiga kecamatan zona kuning yaitu Way Khilau, Negerikatin dan Way Ratai, tiga kecamatan zona hijau diantaranya Marga Punduh, Punduh Pedada dan Padang Cermin serta dua zona orange yaitu Kecamatan Way Lima dan Teluk Pandan.

Diketahui saat ini Kabupaten Pesawaran masih dalam zona orange dengan total saat ini 73 kasus terkonfirmasi, 220 kontak erat, 64 kasus kematian dan 950 pasien yang telah selesai diisolasi.

(Apr/WII).

  • Bagikan