13 Petugas Siap Periksa Hewan Kurban di Lambar

  • Bagikan
Kabid Maarif. Foto: Erwan Nur/ WAKTUINDONESIA

LIWA, WAKTUINDONESIA – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat (Lambar) menyiapkan 13 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten itu.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Almaarif, mengatakan sejumlah petugas tersebut mulai melakukan pemeriksaan jelang Idul Adha 1442 H, 2021.

“Petugas kita akan mulai melakukan pemeriksaan Antemortem H-3 sebelum idul adha atau sebelum pemotongan hewan kurban, hingga Postmortem H+2 Idul Adha,” Kata dia mewakili Kadisbunnak Natajudin Amran, Senin (12/7/21).

Adapun kata Maarif, ke-15 petugas yang ditugaskan pihaknya tersebut telah terdaftar dalam surat Edaran Bupati Lambar Nomor : 523/450/III.11/2021 tentang Pemeriksaan Hewan Kurban Hari Taya Idul Adha 2021.

“Seperti di Kecamatan Lumbok Seminung petugasnya Mat Tamrin; Kecamatan Sukau saudara Munhamir; Balik Bukit, Marti Patminingsihm dan Kecamatan Batu Brak, Suyono,” rincinya.

Lanjutnya, untuk petugas wilayah Suoh dan BNS ialah Seto; Belalau, Ishak Gunawan; Batu Ketulis, Ahmad Zubadi; Pagar Dewa, Bambang Hermawan; dan Sekincau ialah Abdul Muis.

“Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Way Tenong, Bambang Hermawan; Sumberjaya, Deby; Air Hitam, Poniman; Gedung Surian, Catur Effendy; dan Kebun Tebu, Yazid,” paparnya.

Masih kata Maarif, pihaknya akan turun langsung ke lokasi di saat penyembelihan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan, untuk mencegah hewan kurban tidak layak dan peningkatan kualitas daging yang Aman, Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

“Akan kita benar-benar perhatikan seperti keberadaan cacing pita pada hati hewan kurban, kalaupun nanti ditemukan, hatinya akan dimunaskan dengan cara dikubur,” tutupnya.

(erw/esa/WII)

BACA JUGA:  Tahun Ini 82 ASN di Lambar Bakal Purna Tugas, Didominasi Guru
  • Bagikan