Hannibal Lantik Parosil Ketum KONI Lampung Barat: Bahas Porprov, Fasilitas Oke! Dana?

  • Bagikan

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Barat periode 2022-2026, Parosil Mabsus resmi bertugas per Kamis, 12 Mei 2022.

Itu setelah pria yang akrab disapa Pakcik tersebut dilantik bersama 60 pengurus di Gedung Olahraga (GOR) Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit.

Pengurus KONI Lampung Barat yang dikomandoi pria yang kini bupati Lampung Barat itu dilantik oleh Ketua Harian KONI Provinsi Lampung, Hannibal.

Ketua Harian KONI Lampung Hannibal mengapresiasi kesediaan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus yang terjun langsung mengurus dunia olahraga dengan memimpin KONI di kabupaten tersebut.

Soal fasilitas olahraga di Lampung Barat, mantan kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pemprov Lampung itu menilai kian baik.

Bahkan, Stadion Bumi Sekala Bekhak di Kawasan Sekuting Terpadu terbaik di Provinsi Lampung.

Ia menyebut Lampung Barat pantas menjadi tuan rumah pekan olahraga pekan olahraga provinsi (Porprov).

Tak hanya itu, Hannibal bahkan dengan terang-terangan berharap Lampung Barat bisa menjadi lokasi dihelatnya pesta akbar olahraga seantero tanah Sai Bumi Rua Jurai itu ke depan.

“Fasilitas olahraga di Lampung Bara saat ini sudah semakin baik, saya berharap pada tahun-tahun mendatang mampu menjadi tuan rumah terselenggaranya kejuaraan bergengsi tersebut,” kata Hannibal.

Terkait KONI, Hannibal menjelaskan, KONI adalah organisasi sosial, tempat mengabdi.

“KONI adalah suatu organisasi mitra kerja Pemerintah dalam rangka membangun prestasi olahraga, jangan hanya mementingkan seremonial tapi prestasinya tidak ada. Perlu kekompakan dalam memajukan KONI. Sebab kekompakan merupakan kunci yang akan membuat KONI kuat tidak terpecah sehingga dapat menghasilkan prestasi-prestasi yang unggul di bidang olahraga,” ujar Hanibal.

Sementara itu, usai dilantik, Pakcik yang juga bupati Lampung Barat kelima itu bertekad melakukan pembinaan cabang olahraga (Cabor) di kabupaten bermotto Beguai Jejama itu lebih baik ke depan.

BACA JUGA:  Bupati Agus Dukung Surfer Muda Pesisir Barat, Ini Langkahnya

Sebagai ketua KONI Lampung Barat yang baru, Parosil mengajak semua pihak terus membangun kebersamaan, solid dan kompak untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat Lambar di kancah nasional, bahkan internasional.

Ia menegaskan, KONI Lampung Barat tidak bisa hanya bergantung dana hibah dari APBD kabupaten pecahan Lampung Utara 1991 tersebut.

“Karenanya, butuh kerjasama dan dukungan semua pihak,” ujar dia.

Soal jadi tuan rumah proprov, Parosil menegaskan kesediaan kabupaten yang ia tukangi, utamnya fasilitas olahraga.

Selain punya stadion yang mampu menampung 3 ribu penonton dan dilengkapi lintasan atletik, Lampung Barat juga memiliki Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka, lokasinya persis di depan Stadion Bumi Sekala Bkhak di Kawasan Sekuting Terpadu. Belum lagi fasilitas olahraga lainnya.

”Terkait tuan rumah porprov, fasilitas olahraga di Lampung Barat siap 100 persen. Kami memiliki fasilitas sudah cukup lengkap, mulai dari stadion, GOR dan lainnya,” ungkap Parosil di hadapan Ketua Harian KONI Lampung, Hannibal.

Namun, soal pendanaan, Parosil belum yakin.

Mengingat terbatasnya APBD Lampung Barat.

Namun, jika pendanaan gelaran porprov di Lampung Barat kelak disokong KONI provinsi dan kabupaten lain, diyakini kendala teratasi.

”Kita siap menyelenggarakan, tetapi karena APBD kita terbatas sehingga perlunya dukungan dari KONI provinsi dan kabupaten/kota, artinya ketika anggarannya ada, maka kita siap 100 persen untuk menjadi penyelenggara, karena untuk menjadi tuan rumah porprov itu tentunya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,” tandasnya. (WII)

  • Bagikan