Dapil Pemilu 2024 di Lampung Barat Berubah? KPU Siapkan 3 Opsi

  • Bagikan

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat kini tengah menata kembali Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2024 di Bumi Beguai Jejama itu.

Ada tiga opsi yang tengah digodok lembaga penyelenggara pemilu tersebut, yakni dua opsi baru dan tetap dengan dapil Pemilu 2019 silam.

“Saat Ini KPU Lampung Barat sedang melakukan tahapan penataan dapil untuk Pemilu 2024. Kami sedang menggodok beberapa opsi pilihan terkait dengan dapil ini,” terang Divisi Teknis Penyelenggaran KPU Lampung Barat, Syarief Ediansah, Selasa, 22 November 2022 malam.

Soal tiga opsi tersebut, Syarief memang belum menyebutkan secara rinci.

Kendati begitu secara garis besar, ketiga opsi tersebut ada yang terdiri atas lima dapil dan enam dapil. Dan tetap seperti dapil pada dapil Pemilu 2019 lalu.

Ketiga opsi dapil tersebut bakal diumumkan selama sepekan, mulai besok.

“Ketiga opsi ini akan kami Umumkan pada 23 – 29 November 2022 di Laman KPU Lampung Barat,” terangnya.

Masyarakat Lampung Barat dapat memberikan masukan atau tanggapan terhadap opsi dapil yang digodok KPU Lampung Barat secara tertulis hingga 6 Desember 2022.

“Semua komponen masyarakat berhak memberikan tanggapan dan masukan kepada kami terkait rancangan rapil yang kami susun tersebut. Tanggapan dan masukan tersebut disampaikan secara tertulis kepada KPU Lampung Barat mulai 23 November sampai 6 Desember 2022 yang akan datang,” jelas Syarief.

Selanjutnya, rancangan dapil itu bakal memasuki tahap uji publik sejak 7 – 16 Desember 2022.

“Tahapan selanjutnya kami akan sampaikan rancangan Dapil tersebut kepada KPU Provinsi Lampung untuk dilakukan rekapitulasi yang kemudian akan disampaikan kepada KPU RI di Jakarta,” kata dia.

Menurutnya, alasan penataan dapil baru itu penyesuaian terhadap tujuh prinsip penataan dapil yang ada.

BACA JUGA:  Agus-Zulqoini Ditetapkan KPU Pemenang Pilkada Pesibar, Begini Kata Abdulloh Hasim

“Yakni, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu proporsional, proporsionalitas, dan integralitas wilayah. Kemudian, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan,” tandasnya.

(WII)

  • Bagikan