Pemkab Pesawaran Sambut Mahasiswa UGM KKN di Teluk Pandan

  • Bagikan
Mahasiswa UGM KKN di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran/Foto: Ist

TELUK PANDAN, WAKTUINDONESIA – Mahasiswa KKN Universitas Gajah Mada (UGM) diharapkan dapat mengidentifikasi masalah masyarakat, menjadi kontributor penting bagi perbaikan pemerintah daerah di masa depan.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Pesawaran Syukur Saliak menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Penerimaan dan Pelepasan Mahasiswa KKN UGM Periode IV Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Senin 18 Desember 2023.

Syukur mengatakan, bahwa partisipasi mahasiswa UGM dapat signifikan dalam meningkatkan pengetahuan, mencerdaskan, menyejahterakan, dan membantu mengatasi permasalahan di masyarakat Bumi Andan Jejama.

“Di antaranya ikut serta mengatasi masalah – masalah yang ada dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik,” ucapnya.

Ia berharap, Peserta KKN dapat intensifikasi kepedulian dan empati mereka terhadap proses pemulihan perekonomian yang sedang dihadapi bersama. Hal ini harus didasarkan pada nilai-nilai keragaman beragama dan pemeliharaan kearifan lokal.

“Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan khususnya Di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

Ia menjelaskan, Program dan kegiatan di perguruan tinggi melalui Kuliah Kerja Nyata sebaiknya difokuskan pada pembekalan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan untuk memberdayakan desa melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menurutnya, Mahasiswa bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan memotivasi dan inovatif, mendorong kemajuan optimal dengan mencari peluang usaha berdasarkan iman dan takwa untuk manfaat pribadi, keluarga, dan masyarakat.

“Dan juga menyusun program yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada khususnya di Kabupaten Pesawaran yang beragam suku bangsa, adat istiadat dan potensi alam yang ada,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dinas P3AKB Pesisir Barat Jemput Siswa Sempat Tinggalkan Rumah Diduga Terkait Dikeluarkan dari MAN1 Krui

Ia meminta, Para mahasiswa mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam penggalian serta pemanfaatan potensi sumber daya alam dan manusia pedesaan.

“Kontribusi positif ini diharapkan mampu mempercepat kemajuan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran,” pintanya.

Ia mengajak, Untuk mengoptimalkan kompetensi, tugas dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Pesawaran yang semakin maju,” ucapnya.

“Kepada Universitas Gajah Mada setelah selesai melaksanakan KKN ini kiranya dapat mempresentasikan hasil KKN Kepada Pemerintah Daerah agar menjadi masukan Pemerintah Daerah dalam memajukan masyarakat Kabupaten Pesawaran di masa-masa mendatang,” tutupnya.

Turut hadir Kepala OPD Pemkab Pesawaran, Camat, Kapolsek, Danramil Kecamatan Teluk Pandan, Kepala Desa Sidodadi, dan Kepala Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan.

(WII)

  • Bagikan