Libur Lebaran, Kunjungan Wisata ke Pesawaran Naik 5 Persen

  • Bagikan
Destinasi wisata Peisisir Pesawaran/Foto: Ist

WAKTUINDONESIA – Liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijiriah tahun 2024, wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Pesawaran mengalami peningkatan lima persen dibandingkan tahun lalu.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Kepala Dinas Pariwisata Anggun Saputra mengatakan, antusiasme pengunjung wisata di kabupaten berjuluk Bumi Wisata Sejuta Pesona itu dipengaruhi oleh hari libur lebaran yang cukup panjang dibandingkan libur pada lebaran tahun lalu.

“Masa libur panjang yang sampai 10 hari ini pasti berpengaruh. Jika dibandingkan hari biasa kenaikannya sampai lima persen, sedangkan untuk data jumlah pengunjung nanti bisa dilihat dari rekapan waktu hari kerja,” kata Anggun, Selasa 16 April 2024.

Dirinya mengimbau kepada para pengunjung untuk memberikan kontribusi sebesar lima ribu rupiah untuk mendapatkan asuransi dalam berwisata.

“Kita punya slogan berwisata aman dan dijamin keselamatan jiwanya oleh pemerintah daerah dengan membayar lima ribu perorang, karena di situ ada asuransi jiwanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Ahmad Syafei mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan personil dalam menghadapi angkutan barang yang melintas di kawasan wisata selama liburan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami juga menyiapkan petugas untuk manifest kapal di Ketapang, sehingga dapat dipastikan bahwa kapal yang berlayar sudah memenuhi standarisasi keamanan layak berlayar,” kata dia.

“Kita periksa kapalnya, surat-suratnya, life jacketnya sehingga kami pastikan kapal yang mengangkut wisatawan sudah benar-benar layak dalam berlayar,” timpalnya.

Dirinya mengimbau para wisatawan untuk benar-benar memperhatikan kendaraannya dalam keadaan sehat dan siap jalan serta membawa perlengkapan yang cukup.

“Selain itu cek juga bahan bakarnya agar senantiasa cukup dalam melintas di area-area wisata,” pungkasnya.

(WII)

BACA JUGA:  Jelang Kedatangan Menparekraf RI, Bupati Dendi Cek Lokasi Pahawang Culture Festival
  • Bagikan