WAKTUINDONESIA,Kotabumi- Sekolah Dasar Negeri 1 Rejosari, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara mengadakan lomba yang diikuti oleh peserta dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar {SD), Kamis (13/02/2025).
Adapun perlombaan yang diadakan berupa lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD Kelas 1 sampai 3, serta Mind Mapping untuk SD Kelas 4 sampai 6.
Kegiatan yang disponsori oleh Pas Cola, Dapur Pintar dan Tiga Serangkai tersebut dihadiri oleh Amrullah, S.Pd. M.M., dan Umar, S.Pd selaku pendamping pendidikan, Pihak Sponsor serta orang tua wali murid peserta lomba.
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Rejosari, Dwi Supriyanto, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan lomba mewarnai dan mind mapping ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bidang seni.
“Peserta lomba adalah tingkat TK dan SD yang berasal dari Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Tengah, serta disponsori oleh Pas Cola, Dapur Pintar dan Tiga Serangkai”, ujarnya.
“Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bidang seni, dengan harapan anak-anak yang memiliki bakat seni dapat tersalurkan bakatnya”, tambahnya.
“Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan hari ini sebagai awal mula dan dapat terus berlanjut untuk tahun mendatang, serta dapat ditambah lagi dengan jenis kegiatan dan perlombaan lainnya”, tutupnya.
Perlombaan dimulai pukul 09.00 WIB dengan durasi selama 90 menit. Juara lomba mewarnai dan mind mapping akan mendapatkan hadiah dan door prize dari panitia. Hadiah ini bukan di nilai dari besar dan kecil ukuranya yang dipersembahkan oleh pantia, akan tetapi sebagai bentuk rasa syukur, kebersamaan, solidaritas dari SD Negeri 1 Rejosari untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni.
Aktivitas perlombaan bagaikan panggung dimana setiap siswa saling unjuk kemampuan mereka. Lomba tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Melalui partisipasi siswa dalam kegiatan lomba, siswa memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan akademis dan non akademis mereka, baik diluar maupun di dalam sekolah.
Lomba memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah, mengembangkan kemampuan kritis dan kreatif siswa. Tak hanya itu, aktivitas perlombaan juga membentuk karakter baik bagi siswa dan mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama, kejujuran, dan semangat sportivitas.
Melalui lomba siswa tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga, namun juga mendapatkan relasi baru. Perlombaan juga memberikan siswa peluang untuk berinteraksi dengan sesama peserta, guru, dan orang yang mahir di bidang tersebut. Relasi ini mampu membuka potensi kolaborasi di masa depan bagi siswa. Aktivitas lomba di sekolah bukan hanya sekedar sebuah ajang perlombaan, melainkan ladang pengalaman yang berharga untuk membentuk siswa menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan siap menghadapi berbagai tantangan.
Sekolah memegang peran penting dalam mendorong siswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan lomba. Sekolah seharusnya memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba, sehingga menjadikan hal tersebut sebagai kesempatan untuk siswa mengasah keterampilan dan bakat mereka.
Dengan terlibatnya siswa dalam beragam perlombaan, mampu membentuk karakteristik baru dalam diri siswa, seperti berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan mengelola waktu dengan baik.
Kegiatan lomba menciptakan lingkungan yang memotivasi siswa untuk berprestasi lebih baik, meningkatkan kreativitas, dan memiliki target pencapaian pribadi. Selain menjadi ajang untuk menguji pengetahuan akademis maupun non akademis, lomba memberikan pengalaman berharga yang tidak dapat diperoleh melalui pembelajaran di dalam kelas.
Tidak hanya berdampak positif bagi siswa, partisipasi aktif siswa dalam berbagai lomba memiliki dampak positif yang signifikan terhadap citra sekolah. Keberhasilan siswa dalam lomba tidak hanya menjadi cermin keberhasilan dan kualitas siswa, tetapi juga membuktikan bahwa pendidikan yang diberikan oleh sekolah tersebut memiliki standar yang baik dalam mengembangkan prestasi siswa. Prestasi siswa yang membanggakan di tingkat lokal maupun internasional mencerminkan kualitas pendidikan yang diterapkan di lembaga tersebut.
Dengan demikian, partisipasi siswa dalam berbagai lomba bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan ladang pengalaman dan relasi yang berharga bagi mereka. Tak hanya itu, lomba mampu mengasah keterampilan akademis dan non akademis siswa, serta membentuk karakter dan membuka peluang relasi yang dapat menjadi bekal untuk kolaborasi dimasa depan. Aktivitas perlombaan bukan hanya membawa pengaruh yang baik bagi perkembangan siswa, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap citra sekolah dan menggambarkan kualitas institusi pendidikan yang tinggi. (Yuheri/WII)