Geger! Penemuan Bayi di Samping Gorong-Gorong, Begini Kondisinya

462

Bayi yang ditemukan di Pakuan Ratu mendapat pertolongan petugas kesehatan. ist

WAYKANAN, WII – Warga Pakuan Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan, Lampung, digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di samping Gorong-gorong. Bayi Mungil itu mendapat pertolongan pertama oleh Monica Damayanti, Sabtu (4/7).

Menurut keterangan Monica Damayanti, Jumat (3/7) sekitar Pkl 23.00 WIB terdengar suara tangisan bayi. Namun baru dihampiri dan diambil oleh Monica pada pukul 01.00WIB, Sabtu.

Dikatakan, sekitar pukul 04.30, Nasir yang merupakan tetangga orang tua Monica, Alek menelpon Kepala Kampung Pakuan Ratu, Haidir, melaporkan penemuan bayi itu.

“Memberitahukan bahwa ada penemuan bayi Didusun Talang 2, tepatnya di Gang Pertanian. Lalu kepala kampung menyarankan untuk dibawa ke Puskesmas Pakuan Ratu,” ujarnya.

Dikatakan, saat ditemukan, bayi memiliki berat 2,6 kilogram dan panjang sekitar 45 cm masih memiliki tali pusar dan dibungkus kain.

Bayi tersebut diduga sengaja dibuang orang tak bertanggung jawab.

Kepala Puskesmas Pakuan Ratu, Hardi mengatakan, beberapa warga datang ke puskesmas pada pukul 05.00 WIB untuk menyerahkan bayi tersebut.

Petugas kesehatan langsung melakukan pertolongan pertama kepada sang bayi.

“Waktu kami menerima (bayi), kami langsung melakukan pembersihan dan penghangatan tubuhnya. Katanya ditemukan di samping gorong-gorong di Gang Pertanian Dusun Talang 2,” ucap Hardi.

“Kalau dilihat dari kondisinya sih umurnya belum sehari, masih hitungan jam. Kondisi awalnya saya enggak tahu, cuma sudah dipakaikan kain. Kondosinya baik dan rencana akan diadopsi seorang warga Pakuan Ratu,” ucapnya.

(ndo)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Ini Sebaran 96 Kasus Infeksi Virus Dengue Di Lambar, per Oktober