Ada Apa di Balik Curup Pinang Indah Tersembunyi di Kampung Rebang Tangkas

1853

WAYKANAN ,WII – Curup Pinang Indah setinggi 20 meter itu terletak di
Dusun Sumber Mulyo Kampung Gunung Sari Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Waykanan Lampung. Atau berjarak sekitar 1,3Km dari kantor Kecamatan Rebang Tangkas. Dan hanya berjarak kurang lebih 250meter dari aspal yang ada di Dusun Sumber Mulyo.

Waktuindonesia.id sempat mengunjungi lokasi itu, akses jalan yg menuju Curup Pinang Indah terbilang mudah ditempuh karena walaupun masih berupa jalan tanah sekitar 250 meter namun jalannya lebar dan merupakan jalan yang datar tidak terdapat tanjakan atau temurunan.

Curup Pinang ilIndah sebenarnya belum banyak dikenal masyarakat walaupun merupakan suata panaroma air terjun yang eksotis karena belum terkelola dengan baik dan belum mendapat sentuhan dari pihak manapun.

Akhir-akhir ini objek ini mulai didiperbincangkan dan dilirik para wisatawan lokal dikarenakan keinginan pemuda setempat yang ingin mengeksplorasi keindahannya kepada khalayak umum sehingga dapat menjadi suatu aset yang dapat membanggakn bagi warga Kampung Gunung Sari.

Yang menarik, gagasan untuk mengelolah objek ini murni muncul dari keinginan pemuda kampung gunung sari yang menamakan diri Laskar Muda Gunung Sari di bawah binaan dan motivasi Malik Irsan, tokoh pemuda di kampung itu.

“Harapan kami, semoga kedepan Curup Pinang Indah dapat menjadi suatu destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Waykanan sehingga mampu menghasilkan sumber income bagi pemuda Kampung Gunung Sari dan dapat menjadi aset Kecamatan Rebangtangkas yang bernilai ekonomis dan dapat terkelolah dengan baik,” tutur Malik Irsan.

Dikatakan, berdasarkan hasil musywarah pemuda yang dipeloporinya, pada tanggal 21 juli 2020 menghasilkan rumusan kepanitiaan yang akan menjadi rujukan kepada pemerintah daerah agar bisa diterbitkan surat keputusan tentang kepengurusan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Curup Pinang Indah, yakni Laskar Muda Gunung Sari.

BACA JUGA:  Sekarang Balitbang, 2021 KRL Lambar Ditangani Dinas Lain, Ini Satkernya

“Curup ini menambah destinasi wisata di kampung ini. Kita sudah memiliki lokasi sport perahu dayung dan perahu angsa dengan panjang skitar 150 meter dan sport tubing atau arung jeram dengan panjang kiloan meter. Tambah lagi Curup ini,” tambah Malik Irsan.

“Terima kasih kepada pemilik lahan Suamsul Ma’arif yang telah memberikan hak kelolah kepada pemuda Gunung Sari dan juga kepada Camat Nurhadi Irawan dan Badri Tamam selaku Kasi Trantib yang selalu memberi suport kepada setiap kegiatan positif Laskar Muda Gunungsari,” tutupnya.

Laporan: Roy Hidayat/ Waykanan

Facebook Comments