Bupati Agus Serahkan BRS dan BSPS, Ini Jumlah Penerima dan Nilainya

161

KRUI, WII -Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, menyerahkan secara simbolis program Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), di Balai Pekon Sukanegara Kecamatan Pesisir Tengah, Senin, (27/7).

Selain Bupati, turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Agustina Pertanto, Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan, Dan SDA, Syamsu Hilal, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Armand Achyuni, serta masyarakat penerima bantuan.

Dalam sambutannya Bupati, Agus Istiqlal, menyampaikan BRS diberikan pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan Tahun Anggaran 2020, merupakan program yang diamanatkan oleh Undang-Undang, khususnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, serta sebagai wujud nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam bentuk BRS dan BSPS.

“Jumlah BRS sebanyak 265 penerima dengan anggaran Rp4.864.173.000 dan BSPS sebanyak 250 penerima dengan anggan Rp4.375.000.000, dengan jumlah total mencapai 515 penerima, yang akan disalurkan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Pesisir Tengah, Ngambur, dan Ngaras. Dengan anggaran keseluruhan sebesar Rp9.239.173.000, dimana masing-masing penerima mendapat bantuan sebesar Rp17,5 juta,” papar Bupati.

Dihadapan masyarakat, Agus juga menjelaskan bahwa program tersebut merupakan salah satu program unggulan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan khususnya bidang perumahan. Artinya, pelaksanaan bantuan tersebut wajib dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.

“Bantuan ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Bantuan ini harus mencerminkan budaya gotong royong khususnya sesama penerima bantuan dan masyarakat pada umumnya. Bantuan ini bersifat stimulan atau rangsangan bagi penerima untuk dapat membangun rumah yang layak bagi keluarganya,” tegas Agus.

“Sesuai dengan pepatah mengatakan ‘Rumahku Istanaku’. Artinya bangunlah rumahmu agar masyarakat penerima dapat membentuk keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah,” pungkas Bupati.

BACA JUGA:  Prokes bagi Pedagang Sayur dan Pedagang Ikan Laut Lintas Lambar-Pesibar Diperketat

Agus menandaskan Pemkab Pesibar sangat mendukung setiap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terlebih program padat karya secara umumnya, BRS, dan BSPS khususnya,  yang merupakan program prioritas utama pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat dalam memperoleh rumah yang berkualitas dan tentunya layak huni.

“Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, optimal, dan tepat sasaran kepada masyarakat. Kepada DPRKP agar dapat memfasilitasi dan mengawal kegiatan ini agar sukses dalam pelaksanaannya demi terwujudnya Pesisir Barat yang madani, mandiri, dan sejahtera,” tukasnya. (ers)

Facebook Comments