Terkait Pilkada 2020, Anggota DPR RI Hanan A Razak ke KPU Waykanan

207

WAYKANAN, WII – Anggota DPR RI Hanan A Rozak kunjungi KPU Way Kanan dalam kegiatan Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020 dan memantau kesiapan pelaksanaan tahapan Pilkada Way Kanan 2020 Selasa (28/7).

Hanan A Rozak disambut Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, beserta seluruh Komisioner dan Sekretariat KPU Way Kanan dan melakukan dialog di Aula Nuwa Demokrasi KPU Way Kanan.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan mengatakan, bahwa KPU Kabupaten Way Kanan siap melaksanakan Pilkada 2020 lanjutan di masa pandemic Covid-19.

Kesipan tersebut mencakup kesiapan dukungan anggaran dari NPHD Pemkab dan dukungan APBN.

Ditambahkan Refki bahwa dalam Pilkada Way Kanan telah dipetakan 991 TPS dimana sebelumnya 790 TPS, hal ini menindaklanjuti hasil RDP antara DPR RI, KPU, Bawaslu, Kemendagri bahwa perlu adanya Penambahan TPS akibat pengurangan jumlah pemilih per TPS.

Pelaksanaan Pilkada ditengah pandemic Covid-19 merupakan konsekuensi dari keputusan bersama di tingkat Pusat.

KPU Way Kanan sebagai pelaksana tentu patuh dan mengikuti ketentuan dari KPU RI.

Dalam hal upaya fasilitasi penyelenggara adhoc selama pandemic Covid-19, KPU Way Kanan menyediakan alat pelindung diri bagi penyelenggara adhoc.

KPU juga membuat bahan sosialisasi yang akan didistribusikan kepada sasaran sosialisasi berupa masker berlogo, tumbler air minum, boneka maskot, dan pernak pernik lainnya sehingga masyarakat mengetahui informasi Pilkada serta antusias untuk hadir ke TPS.

“Dalam proses pemutakhiran data pemilih, saat ini sedang dilakukan coklit terhadap 339.525 sejak 15 Juli yang lalu. KPU melakukan monitoring kegiatan coklit data pemilih. Coklit yang dilakukan oleh 991 orang PPDP dengan mendatangi rumah warga, bertujuan mencocokkan data pemilih A-KWK dengan KK dan KTP, mencatat perubahan data pemilih, memasukkan pemilih baru dan menandai pemilih yang tidak memenuhi syarat. Masyarakat juga dapat mengecek data pemilih melalui laman http://lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” katanya.

BACA JUGA:  Inisiatif PAN Pesawaran, Sambut Muswil DPW Lampung Dengan Rakor

Sementara Hanan A.Rozak mengatakan bahwa dirinya menjalankan tugas dan wewenang serta meminta masukan dan informasi sejelas – jelasnya terkait kegiatan yang ada di Kantor KPU Way Kanan.

“Karna Way Kanan merupakan wilayah Dapil Lampung II dimana dirinta terpilih dari Partai Golkar untuk wilayah dapil Lampung II,” ujarnya.

Ditambahkan pula bahwa kunjungan ini untuk hususnya yang terkait kepemiluan, Pertahanan dan Reforma Agraria.

Kemudian Anggota DPR RI meminta laporan dari KPU Way Kanan mengenai pelaksanaan tahapan Pilkada serentak di Way Kanan 2020.

“Terkait anggaran dan pelaksanaan Pilkada serentak Way Kanan dalam masa pandemi covid-19. Serta dapat memberi masukan penyelenggaraan pemilu serentak karena pengkajian terhadap usulan perubahan Undang – undang pemilu akan dilaksanakan setelah masa reses selesai.”

(roy/wii)

Facebook Comments