Ujudkan Pelayanan Kesehatan Mudah dan Cepat, Bupati Agus Resmikan Puskesms di Bengkunat Belimbing

140

KRUI, WII -Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, meresmikan gedung UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing, di Pekon Kotajawa Kecamatan Bengkunat, Rabu (5/8), yang didampingi oleh Saibatin Marga Bengkunat, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan anggota DPRD setempat.

Berawal dari keinginan Bupati, Agus Istiqlal, untuk memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan kesehatan di kabupaten paling ujungnya Lampung itu, sehingga bisa dibangunnya gedung UPTD. Puskesmas Bengkunat Belimbing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkea, Tedi Zadmiko, dalam sambutannya bahwa sebelumnya gedung atau bangunan Puskesmas Bengkunat Belimbing berada di Pekon Kotajawa tepatnya di kilometer lima atau, berjarak 5 KM dari jalan lintas barat (Jalinbar).

“Pada saat itu beliau (Bupati) meminta untuk keberadaan gedung Puskesmas bisa lebih dekat dari jalan raya sehingga pelayanan kesehatan khususnya untuk masyarakat bisa lebih cepat dan mudah,” papar Tedi.

Bangunan UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing saat ini berada sekitar 200 Meter dari jalan raya, meskipun bangunan yang lama masih bagus namun terkendala jarak. Dan pada Tahun 2019 Pemkab Pesibar mendapatkan kucuran dana DAK melalui Dinkes yang difokuskan untuk pembanguan UPTD. Puskesmas Bengkunat Belimbing.

“Puskesmas Bengkunat Belimbing termasuk puskesmas non rawat inap yang saat ini berproses untuk menjadi Puskesmas rawat inap sesuai dengan izin operasional Puskesmas yang diterbitkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” pungkas Tedi.

Sementara dalam sambutan Bupati, Agus Istiqlal berharap dengan diresmikannya UPTD. Puskesmas Bengkunat Belimbing maka pihaknya meminta kerjasama BPJS kesehatan dan Puskesmas dapat berjalan dengan baik.

Pihaknya mengimbau kepada kita semua yang hadir baik dari pihak pemerintah, swasta, tokoh adat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk bisa mensosialisasikan keberadaan gedung UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing ini supaya bisa berfungsi untuk melayani masyarakat sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:  Bupati Agus Hadiri Kick of Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pesisir Tengah

selanjutnya, saya juga mengimbau kepada seluruh petugas, baik dari tenaga administrasi sampai ke tenaga medis yang berada di Pesibar untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata, fungsikan diri sebagai pelayan bukan sebagai raja. “Ingat kita sudah disumpah untuk mengabdi dan melayani serta mengayomi masyarakat dengan baik demi terwujudnya pembangunan manusia seutuhya,” tegasnya.

Selain itu, dirinya berharap gedung baru Puskesmas Bengkunat Belimbing untuk dijaga bersama baik pemerintah maupun masyarakat. “Gedung ini adalah aset atau fasilitas umum yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat khususnya yang ada diwilayah kerja Puskesmas Bengkunat Belimbing,” tutup Agus. (ers)

Facebook Comments