BI Rilis Uang Baru Pecahan Rp75 Ribu, Seperti Apa?

567

JAKARTA, WII – Bank Indonesia (BI) merilis uang baru pecahan Rp 75 ribu. Uang pecahan baru itu diluncurkan edisi khusus Perayaan HUT RI ke-75, Senin (17/8/2020).

Peluncuran resmi uang pecahan Rp75 ribu ini dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual di akun YouTube Bank Indonesia.

Du satu sisi, uang baru pecahan Rp75 ribu itu bergambar Proklamator RI Soekarno-Hatta berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945. Di sisi lain, selain itu ada gambar gambar satelit, terdapat siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakam pihaknya telah mendistribusikan uang peringatan kemerdekaan ke – 75 tahun RI itu ke seluruh kantor BI.

“Masyarakat dapat melakukan penukaran melalui Online yang sudah kami siapkan per hari ini sejalan protokol covid,” jelasnya.

Diketahui, BI pernah mengeluarkan uang rupiah bertepatan dengan peringatam hari kemerdekaan setiap 25 tahun sekali.

Di 1970 yakni pada peringatan HUT RI ke-25, dikeluarkan sembilan uang koin dengan ragam nominal, dari Rp 200 sampai Rp 25 ribu.

Kemudian pada HUT Kemerdekaan RI ke-50 pada tahun 1995 diterbitkan dua pecahan rupiah khusus, yaitu uang koin bernominal Rp300 ribu dan Rp850 ribu. Gambar Presiden Ke-2 RI Soeharto disematkan di dalamnya dua pebahan tersebut.

(bbs/esa/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Jabatan Direksi PDAM Terus Berpolemik, JAM PMII: Jabatan hanya 2 Periode, kecuali...