PKK Gebrak Masker di Tengah Gempuran Corona dan Abu Vulkanik Sinabung, Bupati Terkelin minta Janji Warga

307

KARO, WII – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Karo, Sumut, menggelar aksi “Gebrak Masker” (gerakan bersama pakai masker) dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, di Gang Air Minum Kelurahan Kampung Dalam, Kabanjahe, Senin (17/8).

“Gebrak Masker bertujuan lindungi kamu dan aku,” tegas Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana di sela-sela pembagian masker.

Menurutnya, aksi itu sekaligus mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat memakai masker dengan cara yang benar.

“Menutup hidung dan mulut, hal ini dapat menurunkan resiko tertular dan menularkan virus Covid-19 hingga 75 %,” ujarnya.

“Pembagian masker ini, dilakukan dengan cara mengunjungi rumah warga secara “door to door, sesuai arahan dari ketua TP PKK pusat,” ujar Sariati.

Ketua TP PKK ini juga mengharapkan kepada masyarakat yang hendak keluar rumah, wajib menggunakan masker, hal ini untuk menjaga diri kita maupun orang lain, sebab penularan sangat berpotensi dari Droplet.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat memberikan masker dalam program “Gebrak Masker” yang dimotori oleh TP PKK Kabupaten Karo, menyebutkan, sejumlah masyarakat ditemui masih minim kesadaran dalam pemakaian masker.

“Tentu kegiatan ini, cukup kita apreisasi, selain untuk mencegah penularan Covid-19 juga menjaga kesehatan akibat abu vulkanik Sinabung yang bisa berdampak pada saluran pernapasan,” katanya.

Sambari membagikan masker, Terkelin meminta warga berjanji pakai masker, dan direspon positif oleh warga.

Hal senada ditekankan oleh ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan.

“Agar warga masa pandemi Covid-19, selalu waspada dan ikuti aturan protokol kesehatan dalam menjaga penularan Covid-19, mari kita dukung gerakan ibu TP PKK kab. Karo ini yang bertujuan melindungi diri kita dan orang lain,” ucapnya.

BACA JUGA:  Kejari Tetapkan Kadiskes Lampura Tersangka Korupsi DAK BOK Rp2,1 Miliar, Maya: Saya Dizolimi

Diketahui, “Gebrak Masker” itu sesuai perintah Surat mendagri kepada Gubernur /Walikota /Bupati dengan Nomor /440/3592/BPD tanggal 14 agustus 2020 tentang pelaksanaan Gebrak Masker tanggal 17 Agustus 2020 oleh TP PKK setiap daerah.

Tampak hadir dalam kegitan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Beru Sebayang, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kajari karo Denny Achmad, Ketua Pengadilan Suhanuddin, Wadanyon 125/Smb Mayor Inf Irwansyah, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan.

(rek/WII)

Facebook Comments