PWI Lamtim Himbau Bapaslon Sosialisasi di Media

  • Bagikan

SUKADANA, WII – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) Musannif Effendi Yusnida, mengajak Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Lamtim mensosialisasikn programnya melalui media massa, baik media elektronik, TV, cetak, Online atau Radio, Jumat (11/9/2020).

Hal itu bukan tanpa alasan, Musannif menilai, sosialisasi melalui media massa lebih kepada mencegah munculnya klaster pilkada, di tengah pandemi Covid 19 yang kembali merebak di Provinsi Lampung terkhusus kabupaten Lamtim.

Diketahui, lanjut Musannif, bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berperan untuk mencegah klaster baru Covid-19. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2607/IX/OPS.2./2020 tanggal 7 September 2020 yang ditandatangani oleh Kabaharkam Polri. Dalam surat tersebut, Kapolri menyampaikan beberapa hal agar Pilkada Serentak 2020 tidak memunculkan kluster baru COVID-19.

Adapun arahan tersebut ditujukkan untuk para Kasatgas/Kasubsatgas Aman Nusa II/2020, Kaopsda/Kapolda, Kaopsres/Kapolres.

“Pelajari, dan pahami Peraturan KPU No 5, 9, dan 10 Tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada Khususnya Pembatasan Jumlah Peserta Kampanye (Rapat Umum max 100 orang, Ratas dan Debat masing-masing max 50 orang),” ujar Musannif mengutif kata Kapolri kepada media.

Menurut Musannif, adanya himbauan Kapolri bahwa dalam pilkada tahun 2020 di tengah pandemi covid 19 peserta kampanye hanya sebatas 100 orang, maka dirinya menghimbau Bapaslon sebaiknya mempergunakan Media atau wartawan untuk menerbitkan visi, misi ataupun program-program calon.

“Di tengah Pandemi covid 19 yang kembali melanda negeri ini, saya mengajak kepada seluruh Bapaslon agar mempergunakan wartawan atau media untuk mempublis profram-program Bapaslon, pers berperan untuk media kampanye Bapaslon,” tutur Fendi sapaan akrabnya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, PWI mengajak Bapaslon kampanye untuk pemilihan kepala daerah dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial atau media online, media elektronik dan media cetak. Di saat seperti ini, mengumpulkan masa untuk kampanye adalah sesuatu yang tidak mungkin, dan bukan langkah yang tepat untuk dilakukan.

BACA JUGA:  Bawaslu Pesawaran Periksa Saksi, Terkait Dugaan Politik Uang Paslon 01

“Mempergunakan media atau pers lebih efektif untuk fokus sampaikan program. Saya juga menghimbau kepada seluruh insan pers di Kabupaten Lamtim baik itu yang di dalam wadah organisasi pers PWI atau pun pers yang di luar wadah PWI Lamtim turut serta berperan aktif mensukseskan pilkada bupati dan wakil bupati kabupaten Lamtim tahun 2020. Semoga kita semua dihindarkan dari wabah covid 19 ini,” tutup Fendi.

(mse/WII)

  • Bagikan