Bersama Gubernur Lampung, Mentri Pertanian RI Resmikan Proyek Pompa Irigasi PLTS di Kabupaten Pesawaran

  • Bagikan

TEGINENENG, WAKTUINDONESIA – Proyek pompa irigasi yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, Selasa (6/10).

Berdasarkan pantauan media ini, pompa irigasi itu merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), yang berupaya mewujudkan komitmen sebagai badan usaha milik negara (BUMN) pertambangan yang peduli masyarakat dan lingkungan.

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk, Apollonius Andwie C, mengatakan, penggunaan PLTS sebagai tenaga listrik pompa irigasi ini, jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

“PLTS yang terpasang memiliki daya sebesar 38,5 kilo watt, yang dioperasikan melalui rumah control panel seluas 4×4 meter persegi, dan terdiri dari 140 keping panel surya, sementara kebutuhan listrik untuk mengoperasikannya pompa irigasi ini sebesar 25 kW,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, pompa irigasi tersebut memiliki kecepatan 50 liter per second, yang mampu mengaliri lahan mencapai 167 ha dengan jarak dari danau ke lahan sekitar 1 kilometer.

“Proyek ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemprov Lampung, yang melihat para petani biasanya mengandalkan pompa diesel untuk tanaman cabe pada musim kemarau, sedangkan untuk musim penghujan petani akan memanfaatkan lahan untuk ditanami padi, namun dengan adanya pompa irigasi ini diharapkan mampu membantu para petani dengan harapan menambah hasil produk para petani,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca Marta Utama, mengatakan, adanya proyek ini, sebagai permintaan para petani kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada saat panen raya cabai beberapa waktu lalu, dan pada kesempatan itu para petani mengeluhkan sulitnya air pada saat musim kemarau, yang mengakibatkan para petani cabai tidak dapat bercocok tanam.

BACA JUGA:  Diduga Melakukan Pengancaman, Sodara Wakil Bupati Dairi Di Polisikan

“Dengan adanya pompa irigasi bertenaga PLTS ini, diharapkan mampu membantu para petani cabai kita, karena kita ketahui Kecamatan Tegineneng salah satu kecamatan yang ada di Provinsi Lampung sebagai penyuplai cabai terbesar,” pungkasnya.

Diketahui, seusai meresmikan pompa irigasi bertenaga PLTS, menteri pertanian dengan didamping Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Danrem, Plt Bupati Pesawaran dan beberapa jajaran lainnya, mengecek bagian bagian pada pompa irigasi bertenaga PLTS, dan langsung meninggalkan lokasi. (Red/WII)

  • Bagikan