Lapor! Gedung SMPN 4 Mabar Atap Daun Berlantai Tanah, Kasek – Kades Minta Pemda Tanggap

437

NIAS BARAT, WAKTUINDONESIA – Kondisi Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 di Desa Ononamolo III Kecamatan Mandehe Barat Kabupaten Nias Barat, Sumut, cukup mencengangkan, memerihatinkan.

Parahnya lagi, gedung sekolah itu beratap daun rumbia, berdinding papan dan berlantai tanah.

Anehnya, meski kondisi seperti itu. Gedung belum juga mendapat perhatian.

Wartawan Waktuindonesia.id sempat menyambangi sekolah itu, Kamis (15/10/2020) lalu.

Meski telah berdiri tahunan, namun belum tampak renovasi dari pemkab, tak berlebihan jika dusebut tak tersentuh pembangunan.

Meski tampak tak layak disebutĀ  gedung sekolah, namun guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar terlihat tetap semangat tanpa memerhatikan kondisi bangunan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Mandrehe Barat, Yosia Zebua mengatakan gedung sekolah itu telah lengkap, dari kelas VII sampai kelas IX.

“Tetapi sungguh kasihan guru dan siswa kalau sedang proses belajar mengajar berlangsung pada musim hujan sering terganggu. Dan kami berharap kepada Bupati Nias Barat Cq. dinas pendidikan kiranya pada tahun anggaran ini nasib gedung sekolah kita ini dapat perhatian serius,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Ononamolo III, Kornelius Zebua mengatakan, bahwa gedung sekolah itu dibangun melalui swadaya masyarakat setempat.

“Kalau proses belajar mengajar pada musim hujan guru dan murid kerap panik karena atapnya dari daun rumbia, banyak yang sudah rapuh,” katanya.

“Kami berharap pemkab memerhatikan nasib penerus bangsa dalam mengenyam pendidikan,” pintanya.

Laporan: Beneami Daeli, Nias Barat -WII

Facebook Comments
BACA JUGA:  KMB Luring, SMPN 4 Liwa belum Ketat Terapkan Protokol Kesehatan