Lapas Narkotika Pematangsiantar Bantah Kamar Napi Istimewa

188

Tangkapan layar surat laporan Lapas Pematangsiantar kepada Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut

MEDAN, WAKTUINDONESIA — Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), langusung mengklarifiksi kabar fasilitas kamar istimewa seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lapas itu diistimewakan.

Dimana, sempat beredar kabar via video jika kamar salah satu WBP difasilitasi AC.

Pihak lapas dengan tegas menyebut kondisi kamar napi sebenarnya tak seperti dalam video dimaksud.

Klarifikasi sekaligus laporan itu disampaikan kepada Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut dan ditembuskan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Medan.

Hal ini dikatakan Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar E Prayer Manik, Jumat (18/12/2020).

Terkait video itu, katanya, dengan cepat pihak lapas membuat laporan detail mengenai kronologis yang ada di dalam kabar tersebut.

Menurutnya, kabar yang beredar diambil atau direkam saat video call (Vc) seorang WBP bernama Jefry dengan seorang wanita.

Kalapas menambahkan, kabar yang beredar menyebut bahwa kamar seorang WBP, Jefry, kasus narkoba difasilitasi AC.

Dengan lugas Ia kembali memastikan kabar itu tidak benar.

“Karena selain kondisi cuaca yang dingin di lingkungan Lapas, bahkan kita sudah dokumentasikan keadaan kamar nomor 28 yang ditempati WBP tersebut sebagai bahan klarifikasi kepada pihak Kanwil dan Kadivpas Medan,” ujar Kalapas.

“Pihak Lapas Narkotika Kelas IIA langsung memindahkan WBP bernama Jefry tersebut ke Lapas lainnya. Saat ini kami semakin memperketat penjagaan kepada pihak WBP dengan melakukan razia HP seluler secara rutin,” ujarnya.

“Dan mengenai fasilitas mewah para WBP itu tidak benar, semua napi sama statusnya di Lapas ini, tidak ada yang diistimewakan,” tegas Kalapas.

Bahkan pihaknya mengakui sudah membuat surat konfirmasi laporan pemberitaan negative terkait kedaaan sebenarnya kamar hunian yang ditempati oleh Jefry (WBP, red) kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Medan.

BACA JUGA:  Videonya Viral, Pasangan Berpelukan di Tengah Jalan hingga di Mobil Patroli Diduga ODGJ

“Terkait kamar napi tersebut memiliki fasilitas AC adalah tidak benar, semua sudah kami berikan dokumentasinya kepada pihak Kadivpas Medan,” ulang Kalapas.

(rek/WII)

Facebook Comments