Apa Palung? Disebut saat Tenggelam Maut 2 Warga Lambar di Laut Krui

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Dua warga Canggu, Batubrak, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Basnal (45) dan Desfagunata (21) meninggal dunia saat memancing di laut, tepatnya di Pantai Walur Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Sabtu (2/1/2021) sekitar pukul 13.00 WIB.

Peratin Walur, Yoyon Afriza, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula ketika keduanya tengah memancing di pinggir palung.

“Saat itu korban atasnama Desfagunata terperosok ke dalam palung yang cukup dalam karena terseret arus laut. Sedangkan korban atasnama Basnal bermaksud untuk menyelamatkan rekannya.

Desfagunata meninggal dalam perjalanan saat dibawa warga ke puskesmas terdekat. Sementara, Basnal dikabarkan meninggal saat ditemukan.

BACA: 2 Warga Lambar Tewas Tenggelam di Pantai Walur Krui

Lantas Apakah Palung itu? Bagaimana ciri- cirinya? dan Palung terkenal di dunia?

Waktuindonesia.id mengupas tentang Palung ini dikutip dari berbagai sumber.

Palung laut merupakan ujud jurang di bawah permukaan laut dengan dinding curam dan sangat dalam.

Beberapa ciri palung laut, adalah
Sangat dalam, Berupa cekungan yang dibatasi dinding curang dan terjal, berada di dalam laut dan sangat gelap.

Sementara dikutip dari wikipedia, Palung Samudra adalah topografi dasar laut dengan lebar relatif sempit, namun dari ujung ke ujung sangat panjang.

Objek Oseanografi ini merupakan terdalam dari dasar laut. Palung samudera memiliki ciri morfologi khas dari batas lempeng konvergen, di mana lempeng litosfer bergerak ke arah satu sama lain dengan kecepatan yang bervariasi dari beberapa milimeter hingga lebih dari sepuluh sentimeter per tahun.

Palung umumnya sejajar dengan busur pulau vulkanik dan berjarak sekitar 200Km atau 120Mil dari busur vulkanik. Palung samudera biasanya terbentang 3Km – 4Km atau 1,9Mil – 2,5Mil di bawah permukaan dasar samudera di sekitarnya.

BACA JUGA:  Mengulas, Hebohnya Berita Jauh Sebelum Oknum Aleg Tubaba Ditetapkan Tersangka Laporan Palsu

Keberadaan palung menandai posisi di mana lempengan yang tertekuk dan menunjam mulai turun ke bawah dengan lempengan litosfer lainnya.

Palung terkenal dan terdalam dikutip dari berbagai sumber di internet

Palung yang terkenal paling dalam adalah Palung Mariana. Benbentuh menyerupai huruf V dan terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam. Lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi, maksimum 10.927 – 11.035 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut.

Silain Palung Mariana, tercatat beberapa palung yang sangat dalam di dunia.

Palung Tonga

Palung ini lokasinya terletak di barat daya Samudra Pasifik dengan kedalaman 10.800Meter di bawah permukaan laut.

Cekungan Eurasia

Cekungan Eurasia, yang dibatasi Greenland, Lomonosov Ridge, yakni punggungan bawah laut di Samudera Arktik serta Laut Laptev, Laut Kara dan Laut Barents dengan kedalaman 5.449 meter di bawah permukaan laut. Tercipta sekitar 53 juta tahun lalu.

Palung Puerto Rico

Palung ini terletak di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Panjangnya sekitar 800Km dengan kedalaman 8.376M di bawah permukaan laut.

Lubang Molloy

Lubang Molloy atau Molloy deep  merupakan  fitur batimetri di Selat Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard.

Kedalaman pinggiran luar lubang adalah 2.700 meter dan bagian paling dalam adalah 5.600 meter di bawah permukaan laut.

Palung Diamantina

Palung Diamantina terletak di barat daya Perth, Australia Barat. Bentangannya seluas 1.900Km dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau. Titik terdalamnya berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.079Meter di bawah permukaan laut.

Palung Sandwich Selatan

Palung Sandwich Selatan berada 100Km sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya. Panjang 965Km dengan kedalaman 8.266M di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:  VIDEO: Seekor Tapir Terekam Pelintas di Jalur Liwa-Krui

Palung Filipina

Nama lain palung ini adalah palung Mindanao. Terletak di sebelah timur Filipina, di bagian barat Samudera Pasifik Utara. Panjangnya 1.320Km dan lebarnya sekitar 30KM membentang dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera di Maluku Utara.

Palung ini memiliki kedalaman 10.540Meter di bawah permukaan laut.

(bbs/esa/WII)

  • Bagikan