Satgas Corona Persiapkan 76 Nakes Ikuti Pelatihan Vaksin, Ini Kata Dendi

127

Foto Ilustrasi

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA– Satgas penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Pesawaran, telah mempersiapkan 76 orang tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan penyuntikan vaksin yang dilakukan Provinsi Lampung.

“76 orang ini terdiri dari dokter, perawat serta bidan, yang ada di 15 puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan dan juga di RSUD Pesawaran, sebenarnya untuk melakukan vaksinasi setiap tenaga medis pasti memiliki kemampuan, namun, karena vaksin ini jenis baru, makanya perlu ada edukasi lagi,” ujar juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran Aila Karyus. Senin 11 Januari 2021.

“Sedangkan untuk jadwal pelatihannya, kami memang belum diberikan informasi oleh provinsi, karena pelatihan yang dilakukan di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) ini kan dibagi per kabupaten,” kata dia.

Disisi lain, ia mengatakan orang yang berkaitan dengan pelayanan umum akan menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin tersebut.

“Jadi kalau untuk vaksinasi nakes ini, kita akan melakukannya di faskes yang ada di Pesawaran seperti Puskesmas dan RSUD, sedangkan untuk pelayanan publik seperti ASN maupun TNI/Polri, nantinya kita akan koordinasi lagi untuk titik lokusnya dilakukan dimana,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, masih menunggu terkait jadwal pemeriksaan kesehatan diri sebelum dirinya menjadi orang pertama di kabupaten setempat yang dilakukan vaksinasi.

“Kan ada beberapa tahapan sebelum dilakukan vaksin, seperti pemeriksaan kesehatan, dan saat ini saya masih menunggu jadwal untuk pemeriksaan itu, karena orang yang akan dilakukan vaksin ini harus sehat dahulu,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dirinya juga masih menunggu informasi lanjutan terkait dengan jadwal pertama pelaksanaan penyuntikan yang akan dilakukan di tingkat kabupaten.

“Jadi kalau vaksin ini sudah ada di provinsi namun memang belum didistribusikan ke kita, karena itu nanti ada pelatihan terlebih dahulu kepada perawat kita yang menjadi vaksinatornya oleh provinsi,” kata dia.

BACA JUGA:  Bupati Way Kanan Paparkan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021

(Apr/rob/WII).

Facebook Comments