PJTK Bertemu Karutan Klas I Medan, Ini yang Dibahas

213

MEDAN, WAKTUINDONESIA – Persadaan Journalist Tanah Karo (PJTK) melakukan audensi ke Rutan Klas I Medan yang diterima langsung oleh Karutan Rutan Klas I Medan Theo Adrianus Purba Amd IP, Rabu (27/1) pukul 12.00 WIB.

Dalam bincang bincang hangat sambil menikmati kopi dan ubi kayu goreng menambah asiknya percakapan antar Karutan dan PJTK.

“Saat ditanyakan kepada Karutan terkait untuk mencegah penularan wabah virus Covid-19, Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Tanjunggusta Medan terhadap tahanan maupun yang akan dikirim ke Rutan.

Kepala Rutan Klas I Tanjunggusta Medan, Theo Adrianus Purba, menjelaskan, sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di Rutan Klas I Tanjunggusta Medan, pihaknya harus benar-benar selektif melakukan Prokes, mulai dari mencuci tangan, memakai masker serta penyemprotan menggunakan desinfektan.

Dan juga, setiap tahanan Polda dan Polsek se-jajaran Polrestabes Medan maupun dari luar kota Medan yang dikirim ke Rutan Klas I Tanjunggusta Medan terlebih dahulu harus mencuci tangan di depan pintu masuk, dan Setelah masuk selanjutnya mereka akan disemprot desinfektan satu persatu dengan cara buka baju.

Selanjutnya, mereka akan dimasukan ke dalam Karantina selama 14 hari ke depan.

“Sebelum dikirim ke Rutan, para tahanan terlebih dahulu di Rapid Test di Polrestabes Medan dengan disaksikan pihak Kepolisian, Jaksa dan pihak medis dari Rutan. Setelah itu baru mereka dibawa,” terang mantan Karutan Kabanjahe.

Saat PJTK menanyakan perihal Bilik Asmara di dalam Rutan, Karutan menjelaskan untuk kegiatan para tahanan yang pertama kita lakukan tetap sesuai dengan legal standing yang dinaungi dengan hukum yang berlaku di Indonesia, karena bilik asmara, belum ada payung hukumnya.

“Jadi belum ada kita berlakukan,” papar Theo.

Namun begitu, setiap blok dirutan disediakan TV untuk menghindari kejenuhan.

BACA JUGA:  Kapolda Sumut Ingatkan TNI-POLRI Untuk Netral di Pilkada

“Dan untuk kegiatan ibadah bagi ummat Kristen (oikumene), Muslim, Hindu Dan Budha kegiatan ibadah tetap kita laksanakan dengan cara daring untuk mengikuti prokes sesuai anjuran pemerintah,”pungkas Karutan.

Selanjutnya Karutan mengajak PJTK melihat seluruh kegiatan para Warga binaan, blok para tahanan, dapur umum yang terlihat bersih.

(rek/wii)

Facebook Comments