Transparan, Kades Sariman Paparkan LKPj APDes 2020

  • Bagikan

NEGERIKATON, WAKTUINDONESIA – Kepala Desa Tresno Maju Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Sariman, kumpulkan masyarakat di Kantor Desa setempat, guna paparkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB-Des) tahun 2020.

Ada hal yang menarik dan mungkin satu-satunya Desa di Kabupaten Pesawaran yang melaporkan secara transparan program kerja tahun 2020 yaitu Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) kepada masyarakatnya secara langsung.

Menurut Sariman, untuk menghindari hal negatif dari masyarakat serta untuk kemmajuan Desa Tresno Maju

“Tadi yang kita undang perwakilan Ketua BPD, hadir beserta anggotanya juga,s Sekdes, Kader PKK, Posyandu juga hadir. Perwakilan tokoh masyarakat semua hadir, untuk mendengarkan pemaparan pada hari ini,” ujar Sariman, Sabtu (13/2).

“Tujuan utama kita adalah untuk transparansi artinya biar masyarakat tau, apa sih yang sudah dibuat dengan anggaran sebesar Rp. 1,5 Milyar ini. Alhamdulilah masyarakat pun menirima karena memang sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Dirinya berharap dengan adanya transparansi dan laporan langsung kepada masyarakat, Desanya lebih maju dan dan kedepan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Ini semua disampaikan untuk keterbukaan publik, biar masyarakat khususnya Desa Tersno Maju tau, dan tidak ada isu-isu yang kurang pas dari Desa kiita,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tresno Maju Eni Endang Sunarko mengapresiasi apa yang di lakukan Kepala Desa

“Tadi yang di paparkan sudah sesuai dengan pagu, transparansi DD nya sudah jelas, dan sudah di infokan di depan kantor. Selama ini BPD dan dengan aparatur Desa hubungannya sangat baik,” kata Eni.

“Soal anggaran dan kegiatan selalu di komunikasikan bersama dan terpenting transparan. Kedepan kita berharap Desa lebih baik dan lebih maju lagi,” tandasnya.

BACA JUGA:  Mantab.. Pelayanan Prima Jemput Bola Disdukcapil Pesawaran

Salah satu Tokoh Masyrakat A. Maula mengatakan, sejak kepemimpinan Sariman pembanguan Desa sangat terasa oleh masyrakat.

“Yang dirasakan masyrakat yaitu Pamsimas,, kemudian talud ini yang baru saja di selesaikan termasuk pengaspalan dibelakang ini. Alhamdulilah untuk pembangunan Desa Trisno Maju telah maksimal,” terangnya.

Senasa, Ibu sugianti pun menuturkan, selain muda Kades Tresno Maju bisa memahami segala kebutuhan warganya.

” Ya seneng lah, jalanya udah, ya pembanguan sumur bor itu udah ngalir, ya mudah-mudahan makmur sandang pangan,” pungkasnya.

(Apr/rob/WII).

  • Bagikan