Jamin Keselamatan Pengguna Jalan, Satlantas Gandeng DLH Tebang Pohon

  • Bagikan

TEGINENENG, WAKTUINDONESIA – Menjamin keselamatan pengguna jalan dari bahaya pohon tumbang di pinggir jalan raya saat musim penghujan menjadi tugas utama Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran.

Terkait hal itu Satlantas Polres Pesawaran melakukan koordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten setempat guna melakukan pemotongan dahan pohon besar di sepanjang ruas jalan lintas barat dan jalan raya Tegineneng.

Kasatlantas Polres Pesawaran AKP. I Wayan Budiarta mengatakan hal itu dilakukan menyusul potensi bahaya yang timbul akibat dahan pohon yang mengancam keselamatan pengguna jalan.

“Teknis pemotongan dahan pohon memang dilakukan oleh DLH, namun kita juga berkoordinasi dan meminta untuk dilakukan pemotongan dahan pohon. Terkait lokasi mana yang banyak pohon besarnya, misalnya di ruas jalan Pesawaran menuju Metro di Kecamatan Tegineneng, serta di ruas jalan lintas barat, Kecamatan Gedongtataan,” terang Kasatlantas, Jumat (19/02).

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesawaran, Sofyan Agani mengatakan selama ini pemotongan dahan pohon belum terjadwal dan hanya dilakukan secara insidentil.

“Pemotongan dahan pohon ini dilakukan atas permintaan resmi dari Kasatlantas Polres Pesawaran. Biasanya dilakukan oleh masing-masing kecamatan dan pemerintah desa melalui gotong royong” kata Sofyan saat dihubungi.

Sofyan juga menyebut minimnya anggaran menjadi salah satu sebab program pemotongan dahan pohon di jalan raya belum bisa terjadwal.

“Namun kita siasati dengan menyurati seluruh kecamatan untuk mengawasi potensi bahaya pohon tumbang, dengan memaksimalkan peran pemerintah desa,” kata Sofyan.

(Apr/rob/WII).

BACA JUGA:  Kisruh BPNT, Kasat Reskrim: Anggota Satgas PEN Turun Atas Perintah Saya
  • Bagikan