Antisipasi Banjir, Pemkab Pesawaran Normalisasi Sungai Desa Sukamaju

233

KEDONDONG, WAKTUINDONESIA – Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pesawaran melakukan normalisasi sungai di Desa Suka Maju Kecamatan Kedondong, Kabupaten Setempat.

Dengan dimulainya normalisasi sungai tentu saja sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama yang berada di bantaran sungai, dengan dinormalisasi sungai menjadi lebih lebar dan aliran airnya pun lancar.

Normalisasi sungai yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pesawaran dengan menerjunkan alat berat dan ditargetkan untuk pengerukan sampah dan sendimen yang menumpuk di badan Sungai.

Kepala Dinas PUPR Pesawaran, Zainal Fikri, menjelaskan bahwa normalisasi sungai ini termasuk dalam program kerja Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona untuk menanggulangi penanganan banjir.

“Pengerjaan normalisasi sungai ini merupakan program Pak Bupati dalam upaya untuk menanggulangi banjir dalam merespon dan menyikapi keluhan masyarakat di lapangan,” jelas Fikri, Sabtu (27/02).

Fikri juga menambahkan bahwa program normalisasi sungai juga sudah dilakukan dibeberapa daerah, seperti di Desa Bagelen Kecamatan Gedongtataan.

“Selain di Desa Suka Maju, Pemkab juga sudah melakukan normalisasi sungai di Desa Bagelen dan Desa lainnya,” katanya.

Fikri menambahkan, terkadang kegiatan normalisasi sungai terkendala masyarakat yang meminta ganti rugi.

“Seperti dii Desa Mada Jaya Waykhilau, sudah mau ditangani tapi terkendala ganti rugi tanam tumbuh yang dilalui oleh alat berat, kami tidak ada anggaran untuk ganti rugi,” timpalnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun 01 Kampung Masjid Desa Suka Maju, Firdaus sangat menyambut baik pengerjaan normalisasi sungai yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Pesawaran

“Normalisasi yang dilakukan Pemkab Pesawaran melalui Dinas PUPR, di sepanjang aliran sungai di Desa Suka Maju sangat tepat. Karena selama ini apabila hujan turun dapat menimbulkan tumpukan sampah sehingga mengakibatkan banjir,”  jelasnya.

BACA JUGA:  Polres Pesawaran Tangkap Supir Dan Kernet Bawa BBM Bersubsidi

Hal senada juga disampaikan Munassodri Kadus 02 Kampung Robok, penyodetan dan pengerukan pengambilan material sedimen sangat membantu dalam mengurai jalannya air ketika musim hujan.

“Mudah-mudahan setelah dinormalisasi, tidak ada lagi air banjir yang menggenang karena langsung mengalir kebawah. Terima kasih Pak Bupati Dendi, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan,” pungkasnya.

(Apr/Rob/WII).

Facebook Comments