DPK Lambar Canangkan 1.000 Pojok Baca

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA — Sebagai wujud dukungan dan implementasi salah satu program dari tiga komitmen yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat  (Lambar), yakni sebagai Kabupaten Literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) setempat merencanakan membangun 1.000 pojok baca.

“Saat ini kita sedang menggarap minimal ada 1.000 pojok baca di Lambar. Tentu ini salah satu upaya mewujudkan program Bapak Bupati Parosil Mabsus dalam 7 program dan 3 komitmennya,” jelas Kepala Dinas (Kadis) DPK, Yudha Setiawan kepada waktuindonesia.id, Selasa (2/3/21).

Dikatakan Yudha, hingga saat ini proses implementasi program guna meningkatkan budaya literasi di Bumi Beguwai Jejama tersebut  masih pada tahap verifikasi.

Kalau lamban (rumah) baca untuk setiap pekon (desa), kata dia lagi, itu sudah ada.

Sedangkan pojok baca itu sendiri rencananya ada di masing-masing rumah masyarakat.

“Kita sejauh ini masih mendata berapa jumlah masyarakat yang di rumahnya telah mempunyai pojok baca,” terangnya.

Yudha berharap dengan direncanakanya 1.000 pojok baca tersebut akan meningkatkan minat baca yang berdampak pada nilai pengetahuan serta mencerdaskan generasi muda.

Untuk itu hingga saat inipetugas dinas tersebut terus mendata hal apa saja yang dibutuhkan dan instrumen pendukung lainnya.

“Secara pasti ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka membumikan literasi di tengah masyarakat. Nanti kalau sudah selesai akan langsung dilaunching,” bebernya.

Yudha juga  mengajak masyarakat di luas berperan-serta untuk memanfaatkan dan memaksimalkan peran DPK.

Itu mengingat koleksi buku pada dinas tersebut lengkap dan diperuntukkan terbuka bagi masyarakat di semua kalangan.

Koleksi buku yang ada, rincinya, cukup lengkap. Mulai dari buku-buku keagamaan, umum, bahkan sampai panduan belajar.

“Jadi untuk masyarakat yang ingin membaca dan membutuhkan referensi ilmiah, DPK terbuka lebar. Hanya saja ini era pandemi Covid-19, kita dilarang berkerumun. Namun jangan khawatir, kita ada buku elektronik tinggal akses saja E-Pusda Lambar di Play Store kini telah tersedia,” pungkasnya. (erw/aga/wii)

BACA JUGA:  Kepsek Dan Guru Malas, Kadisdikbud Pesawaran Meradang
  • Bagikan