Bupati Terkelin Dukung Latsitarda Nusantara 2021 di Karo

136

KARO, WAKTUINDONESIA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Sumatera Utara (Sumut) bersedia mendukung penuh, bila Latihan Integerasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI ditempatkan di wilayah kabupaten itu.

Kesediaan itu dinyatakan dengan lugas oleh Bupati Terkelin Brahmana, usai mendengar paparan dari Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, saat menggelar rapat kordinasi, Rabu (3/3) pukul 11.30.WIB diruang kerja Bupati, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Turut mendampingi Bupati Karo dalam rapat kordinasi tersebut, Wakil Bupati, Cory Sriwaty beru Sebayang; Kadis Pendidikan, Edi Surianta Surbakti; Kadis Perkim, Paksa Tarigan; Kadis PUPR, Eduward Pontianus Sinulingga; Kadis DPMD, Abel Tarwai Tarigan; Kadis Parawisata, Munarta Ginting; Kadis Pertanian, Metehsa Purba; dan Kabag Umum dan Perlengkapan, Hotman Brahmana.

Menurut Terkelin, pada prinsipnya Karo siap mendukung dan menfasilitasi selama kegiatan taruna/taruni Latsitarda di Karo.

“Inilah kedepan masing-masing OPD Buatkan kerangka kegiatan dan saran masukan yang dapat bersentuhan dengan kedatangan Latsitarda. Sehingga kita berharap adik-adik taruna dan taruni yang mengikuti kegiatan di Karo nantinya merasa nyaman,” ucapnya.

“Meski begitu, menyarankan agar sebelum dilakukannya kegiatan itu harus terlebih dahulu memperhatikan perkembangan penyebaran covid-19 dan tetap ikuti prokes 3M,” kata Bupati Terkelin.

Senada ditambahkan Wabup Cory Sebayang, untuk OPD tetap buatkan rengiat (rencana kegiatan).

Walaupun skenario latsitarda belum jelas tujuan arah penempatannya, apakah wilayah mebidangro.

“Namun paling tidak kita sudah siapkan segala sesuatu, bila situasi mendadak pun, Latsitarda ditempatkan ke karo, maka kita sudah siap,” ujarnya.

Sementara Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli eko Hadyanto memaparkan bahwa latsitarda Nusantara XLI nantinya para taruna dan taruni dari masing-masing sekolah kedinasan, diantaranya Akmil, AAU, AAL, AKPOL dan IPDN akan disebar di wilayah Mebidangro, diantaranya Karo.

BACA JUGA:  Inilah Panti Asuhan Pertama dan Satu-satunya di Waykanan

Sasaran materi non fisik berkaitan dengan penyuluhan, ceramah. Sedangkan untuk Fisik berkaitan kegiatan bakti sosial dan perbaikan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

“Sesuai data dan informasi maka personel Latsitarda Nusantara 2021 ke wilayah Karo ada berjumlah 220 orang. Dan Rencananya upacara pembukaan Latsitarda Nusantara XLI/2021 akan diadakan pada tanggal 7 April 2021 mendatang bertempat di Lapangan Benteng Medan,” terang Dandim Eko.

Itu, lanjutnya, merupakan skenario pertama.

“Dan bisa skenario kedua dilaksanakan di dermaga Belawan.” (*)

Laporan: Bambang F, Karo – WII

Facebook Comments