Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Mengalami Kenaikan

  • Bagikan

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Sejumlah bahan pokok dibeberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pesawaran mengalami kenaikan, hal itu terjadi sepekan jelang Ramadhan, Rabu (7/4/2021).

Namun kenaikan bahan pokok pangan tersebut masih dalam ambang batas wajar.

Hal itu dikatakan oleh beberapa pedagang yang ada di pasar tradisional Kabupaten Pesawaran, salah satu pedagang di Pasar Kedondong, Suwarmi (52) mengatakan, kenaikan harga tersebut sudah mulai terjadi sejak pekan lalu.

“Dari minggu lalu harga sembako sudah naik turun, tapi ya masih wajar sekitar 2000 sampai 4000 kenaikannya,” ujarnya.

Menurutnya, komoditas pangan dan sembako yang mengalami kenaikan harga diantaranya cabai, bawang, telur, minyak, dan gula sedangkan untuk sayuran dan bumbu dapur lainnya tidak mengalami kenaikan harga.

“Kalau cabai merah dan cabai kecil biasanya Rp40 ribu per kilo tapi sempat naik Rp 3 ribu per kilonya, kalau bawang merah sekarang bisa Rp25 ribu per kilonya biasanya kita jual Rp23 ribu sedangkan untuk bawang putih sekarang dijual dengan harga Rp28 per kilo biasanya Rp24 ribu per kilonya,” katanya.

“Sedangkan untuk telur naiknya dua ribu dari yang biasanya Rp22 ribu sekarang jadi Rp24 ribu, kalau minyak ukuran du liter sekarang perdusnya naik Rp4 ribu dan untuk gula yang biasanya Rp12 ribu sampai Rp14 ribu sekarang bisa Rp16 ribu, kalau untuk beras harganya sampai saat ini masih tetap Rp9 ribu per kilonya, kalau untuk daging si sekarang untuk harga resseler Rp110 per kilonya dan untuk harga pasarny Rp120 sampai Rp125 per kilonya,” tambahnya.

Begitupun Sarah, Pedagang sembako di Pasar Gedong Tataan mengatakan hal serupa terkait kenaikan harga bahan pangan, seperti minyak dan telur

BACA JUGA:  Kini! Kambali jadi TKI harus Penuhi Syarat Satu Ini

“Yang saat ini naik itu minyak bimoli yang biasanya Rp24 ribu sekarang bisa Rp27 ribu,kalau untuk telur ya naik jadi Rp24 ribu biasanya Rp22 ribu, ya kita agak terganggu juga dengan naiknya bahan-bahan ini,” katanya.

Sementara itu Siti, Pedagang Sayur di Pasar Gedong Tataan mengatakan harga sembako dan komoditas pangan lainnya masih relatif.

“Dua bulan kemarin malah naik semua, nah sekarang ini turun ke harga normal lagi, yang lagi naik itu kentang, kol. Untuk cabai setan tadinya Rp 100 ribu sekarang Rp 80 ribu sekilonya,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran Dahsyatia mengatakan, terkait masalah harga sembako di Kabupaten Pesawaran tidak ada kenaikan yang signifikan dan pihaknya selalu melakukan pemantauan di setiap pasar induk yang ada.

“Kita kan memang selalu mantau, saat ini harga sembako masih relatif stabil,”tutupnya.

(Apr/rob/WII).

  • Bagikan