Nasib Petani Singkong Makin Terpuruk, Harga Singkong Anjlok

  • Bagikan

GEDONGTATAAN, WAKTUINDONESIA – Nasib para petani singkong di Kabupaten Pesawaran semakin terpuruk, pasalnya harga komoditas pangan tesebut menurun sejak tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan Edi (35) petani singkong di sekitar lingkung perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, harga singkong sudah turun sejak awal tahun dan hingga saat ini belum ada kenaikan harga.

“Dari awal tahun sampai saat ini harga jual masih rendah, sekarang kita jual ke gudang langsung dihargai Rp1.300 per kilonya kalau dari pihak gudang yang ambil langsung kesini lebih rendah lagi jadi Rp8 ratus per kilonya,” ujarnya.

“Kalau sebelumnya harga jual singkong ke pengelola yang langsung datang kesini bisa mencapai Rp2 ribu per kilonya bahkan bisa lebih,” tambahnya.

Edi menyebut saat ini sebagian petani di Bumi Andan Jejama banyak yang tidak memanen tanaman singkongnya karena harga jual yang sangat murah.

“Dengan harga singkong yang sangat murah itu saya jadi malas-malasan untuk memanen singkong padahal tanaman singkong saya sudah lebih dari waktu panen tapi saya biarkan saja karena dengan harga jual segitu tidak sebanding dengan harga pupuk yang dibeli, balik modal saja sudah syukur,” katanya.

Ditempat yang sama, Yani (49) petani singkong juga keluhkan harga singkong yang sangat murah.

“Tanaman singkong saya sampai saat ini belum saya panen karena harganya sangat murah,” tututnya.

Ia mengatakan, lahan miliknya yang biasa ditanami singkong saat ini beralih menjadi kebun jagung.

“Karena harga singkong murah jadi kebun saya yang tadinya ditanami singkong sekarang sudah saya ganti dengan tanaman jagyng yang harganya cukup tinggi,” tutupnya.

(Apr/Rob/WII).

BACA JUGA:  Polisi Akan Operasi Yustisi, Siap-Siap! Ini Sanksi Bagi yang Ogah Pakai Masker
  • Bagikan