3 Besar Survei Puspol: PKB Lambar Optimis Berjaya di 2024

  • Bagikan

Ja’far Sodiq (ist)

LIWA, WAKTUINDONESIA – Survei Pusat Studi Sosial dan Politik (Puspol) Indonesia menempatkan elekatabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terbesar ketiga secara nasional.

PKB hanya kalah dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang menempati posisi satu dan dua.

PKB bahkan mampu menyalip Partai Golongan Karya (Golkar) yang menempati posisi empat dalam survei lembaga yang didirikan Ubedilah Badrun di Jakarta 9 Desember 2009 silam itu.

Itu menjadi suplemen pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Lampung Barat (Lambar) memupuk optimis mampu memberikan kejutan di Pemilu 2024 nanti.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC PKB Lambar, Jafar Sodiq, kepada Waktuindonesia.id, Senin (24/5/21).

Menurutnya, atas dasar survei tersebut pihaknya kian optimis untuk bekerja keras mendulang suara dan menempatkan kader-kader PKB untuk berkhidmat kepada masyarakat di gedung DPRD setempat pada masanya nanti.

“Indikator tersebut tentunya menjadi motivasi bagi kami. Secara nasional partai ini memiliki elektabilitas tinggi, tentu sangat relevan juga dengan kondisi di Lambar. Dimana basis insan religius nahdliyin (warga NU) cukup mendominasi dan kami optimis akan hal itu,” jelasya.

Optimisme tersebut, lanjut Jafar Sodiq, bukan tanpa alasan. Itu berdasarkan hasilĀ  survei dimaksudĀ  elektabilitas PKB tembus 9,2% dan menempatkan PKB berada di urutan tiga besar di bawah PDIP yang berada di posisi puncak dengan tingkat elektabilitas 22,3%, dan Partai Gerindra dengan 13,4%.
Sementara Partai Golkar yang berada di bawah PKB elektabilitasnya sebesar 8,4%.

“Serta PKS (7,4%), Demokrat (5,3%), Nasdem (4,3%), PPP (2,8%), PAN (1,8%), Perindo (0,6%), Hanura (0,4), PSI (0,3%), PBB (0,2), Garuda (0,2), Gelora (0,1), dan Berkarya (0,1). Sementara 23,4% responden tidak tahu/tidak menjawab,” tandasnya.

BACA JUGA:  Desk Pilkada Pesawaran: Sementara Dendi-Marzuki Unggul di semua Kecamatan

Hasil survei itu menempatkan elektabilitas terbaru PKB sekaligus menyalib posisi Partai Golkar jika dibandingkan hasil pemilu 2019 lalu.

Pada saat 2019 itu, PKB menempati urutan empat besar dengan perolehan suara 9,68%, di bawah Partai Golkar yang meraih 12,31%.

Sementara itu, Jafar pun menyinggung parpol yang didirikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut pernah menorehkan kader terbaiknya di Lambar dan optimis akan menulis sejarah baru kembali.

“Pada tahun 1999 PKB Lambar pernah meraih kursi yang membanggakan, sehingga kita optimis tahun 2024 mendatang mengembalikan kejayaan itu,” tutup Jafar.

(erw/aga/WII)

  • Bagikan