Hadiri BKMT, Wabup Zulqoini Ungkap Tradisi tak Lekang di Tengah Corona

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Wakil Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Lampung A Zulqoini Syarif, menghadiri acara pengajian rutin Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Pesibar bekerjasama dengan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Pesibar, di Sekretariat TP-PKK, Selasa (8/6/21).

Wakil Bupati Zulqoini mengatakan, pandemi Covid-19 membuat sejumlah rangkaian tradisi-tradisi itu tidak berjalan lancar, contoh Ramadhan, tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Namun demikian, ada satu tradisi yang tak mungkin absen dalam kondisi apa pun yaitu silaturahmi,” ucap Zulqoini.

Menurutnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Maka sudah sepatutnya seseorang selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain yakni dengan silaturahmi.

Istilah silaturahmi berasal dari dua kata bahasa Arab, Silah dan Rahiim, yang diartikan sebagai Tali Persaudaraan.

“Konsep silaturahmi memang banyak ditemukan dalam Alquran maupun hadist, tapi semuanya tidak ada yang berhubungan dengan Idul Fitri secara khusus. Inilah yang menjadikan halal bihalal pada hari lebaran sebagai tradisi khas Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh Zulqoini menjelaskan halal bihalal biasa dilakukan di Indonesia dengan tujuan untuk memungkinkan semua masyarakat saling bertukar salam meminta maaf dan mengucapkan selamat hari raya.

“Silaturahmi juga merupakan kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Dengan terhubungnya silaturahmi, maka Ukhuwah Islamiyah akan terjalin dengan baik. Semoga kita bisa meraih surganya dengan membina silaturahmi antar sesama,” harapnya.

Mengadakan pengajian disetiap daerah juga merupakan bagian dari pada Ukhuwah Islamiyah, hal ini dikarenakan dalam pengajian itulah setiap orang akan bertatap muka, saling mengenal dan bercengkrama dalam lingkup kegiatan agama yang mereka selenggarakan dengan tidak mengabaikan prokes karena pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

“Pengajian ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, serta untuk mendoakan Pesibar agar menjadi semakin lebih baik,” pungkasnya.

BACA JUGA:  44 Prajurit Garis Depan Bertugas di Kodim 0422, Dandim Pimpin Upacara Penerimaan

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua Umum BKMT Pesibar, Wakil Ketua TP-PKK Pesibar, staf Ahli Bupati, dan pengurus BKMT. (ers/WII)

  • Bagikan