Polisi-Pol PP Pergoki 28 Pelanggar Prokes di Depan Pandapa Pringsewu

302
Polisi-Pol PP saat operasi Yustisi di Jalinbar depan Pandapa Pringsewu, Kamis (17/6/21). Foto: Nurul Ikhwan/ WAKTUINDONESIA

WAKTUINDONESIA, PRINGSEWU – Petugas gabungan, Polres Pringsewu, Lampung, bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) kembali menggelar operasi yustisi di Jalur Lintas Barat (Jalinbar) depan Pendapa Kabupaten Pringsewu, Kamis (17/6/21).

Operasi pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) menyasar pelintas yang tidak menggunakan masker.

Menurut Kasat Sabhara Polres Pringsewu Iptu Nurul Haq, saat memimpin operasi, mengatakan petugas gabungan secara selektif memberhentikan dan memeriksa pengendara dan penumpang yang mengabaikan prokes.

Operasi disebut digelar sebagai salah satu upaya mencegah peningkatan kasus Covid-19. Operasi itu juga penegakan Peraturan Bupati (Perbup) Pringsewu Nomor 38 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Prokes Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Pihaknya mengakui, meski operasi rutin digelar di berbagai tempat, petugas masih saja memergoki masyarakat yang abai menerapkan prokes khususnya dalam hal memakai masker.

Mereka, lanjutnya, diberhentikan, didata dan disanksi di tempat mulai dari teguran, mengucapkan teks pancasila, menyanyikan lagu nasional hingga sanksi fisik dengan push-up seraya diberikan imbauan untuk tidak mengulangi kembali.

“Selama dua jam melaksanakan operasi, kami berhasil menjaring 28 pelanggar prokes yang mayoritas tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” jelasnya.

“Selain hanya memberikan sanksi petugas juga membagikan masker sebagai bentuk edukasi dengan harapan masyarakat tumbuh kesadaran dan lebih disiplin menerapkan prokes sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19” jelasnya

Ditambahkanya, sesuai release terbaru Satgas Covid-19, Pringsewu masih berada dalam zona orange penyebaran Covid-19 dengan jumlah sebaran 948 kasus dengan rincian 42 orang meninggal dunia, 119 orang masih menjalani isolasi sedangkan 786 orang dinyatakan sembuh.

(rul/esa/WII)

Facebook Comments
BACA JUGA:  HUT Bhayangkara Ke-74 : Bupati Dairi Apresiasi Sinergitas Dengan Polres Dairi