Polres Pringsewu Kembali Gelar Vaksinasi Gratis Bagi Masyarakat

  • Bagikan

PRINGSEWU, WAKTUINDONESIA – Polres Pringsewu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, kembali mengadakan kegiatan vaksinasi gratis di gerai vaksinasi presisi Mapolres setempat, Senin (12/7/2021)

Jika awalnya vaksinasi berlaku untuk seluruh masyarakat berumur 18 tahun keatas, vaksinasi dosis kedua kali ini hanya dikhususkan bagi warga masyarakat yang sudah pernah melaksanakan vaksinasi dosis pertama pada bulan juni yang lalu.

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, di Wakili Kabag Ops AKP Martono, mengatakan, vaksinasi gratis ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan, setelah sebelumnya pada juni 2021 lalu, yang diikuti 4.528 orang.

Lanjutnya, kegiatan vaksinasi dosis kedua direncanakan berlangsung hingga 27 Juli mendatang dengan jarak interval 28 hari dari pelaksanakan vaksinasi dosis pertama.

“vaksinasi dosis kedua akan berlangsung hingga 27 Juli mendatang dan hanya dikhususkan bagi masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis pertama” kata AKP Martono

Selanjutnya,Martono menjelaskan, vaksinasi dosis pertama tujuannya untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan.

“Namun setelah vaksinasi, masyarakat harus tetap patuhi 5M yakni Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan mengurangi mobilitas diri, agar pendemi dapat segera berakhir” jelasnya

Kabag Ops mengharapkan, bagi masyarakay kabupaten pringsewu yang sudah pernah melaksankan vaksinasi dosis pertama di Polres pringsewu untuk dapat kembali melaksanakan vaksinasi dosis kedua sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“bagi yang sudah pernah mengikuti vaksinasi dosis pertama kami harapkan untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua dipolres pringsewu sesuai jadwal yang sudah ditentukan mulai jam 8-12 disetiap harinya” imbuhnya

BACA JUGA:  Sah!!! Nukman Pj Bupati Lampung Barat, Dilantik Bersamaan dengan Pj Bupati Tulang Bawang

Dengan telah terlaksanakanya vaksinasi dosis kedua ini diharapkan bisa menciptakan kekebalan kelompok yang sempurna sehingga dapat berkorelasi dengan menurunnya angka penyebaran Covid-19.

“Semoga Pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa lagi” pungkasnya.

(Rul/Ram)

  • Bagikan