2 Desa Wisata di Lambar dan 3 Lainnya di Lampung Masuk 300 Besar ADWI, Diumumkan Menteri Sandiaga Uno

  • Bagikan

LIWA, WAKTUINDONESIA – Dua desa wisata di Lampung Barat (Lambar) masuk 300 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dua desa itu, yakni Desa Wisata Rigis Jaya di Pekon Rigisjaya Kecamatan Air Hitam dan Desa Wisata Datar Petai Land di pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya.

Dua desa itu masuk 300 besar desa wisata dalam ADWI tersebut diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melalui siaran youtube jaringan desa wisata bersama 298 desa lainnya di tanah air.

Di Lampung, sebenarnya ada lima desa wisata yang masuk 300 besar desa wisata dalam anugrah itu. Dua dari Lambar dan sisanya tiga desa dari tiga kabupaten lain, yaitu Desa wisata Waykalam di Lampung Selatan (Lamsel), Desa Wisata Harapan Jaya di Kabupaten Pesawaran dan Desa Wisata Kiluan Negeri di Tanggamus.

Menurut Menteri Sandiaga Uno, tahun 2021 tercatat lebih dari 70 ribu desa di tanah air.

Dikatakan, melalui ADWI dalam upaya meujudkan wisata berkelas dunia, berdaya saing dan bekelanjutan untuk Infdonesia Bangkit, 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia.

Angka itu melebihi dari target sebelumnya, yaitu 700 desa wisata.

“Ini suatu apresiasi dan antusiasme yang tinggi dari para pengelola desa wisata di Indonsia,” kata Menteri Sandiaga Uno.

Menurutnya, rangkaian kegiatan anugrah itu telah sampai pada tahap kurasi.

“Berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan melalui wesite jadestadotcom,” katanya.

Sementara itu, Kadia Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Lambar, Tri Umaryani bersukur duafesa wisata di Lambar masuk 300 besar dalma ADWI 2021.

“Dari 1800-an yang mendaftar Alhamdulillah 2 desa wisata kita masuk 300 besar,” ujar kadis berhijab dan berkacamata itu.

BACA JUGA:  Ini 6 Varietas Asli Lambar Kantongi Sertifikat Kementan

(dri/WII)

  • Bagikan