Agustus 2021, Tercatat 270 Calon Janda Muda di Mesuji

  • Bagikan

MESUJI, WAKTUINDONESIA – Faktor ekonomi di musim Pandemi menjadi salah satu faktor perceraian, di tahun 2021 terhitung dari bulan Januari – Agustus angka pencarian di Kabupaten Mesuji di tujuh Kecamatan mencapai 270 penggugat yang berdominan si penggugat, yaitu pihak perempuan.

Walau demikian, angka perceraian di tahun 2021 di kabupaten Mesuji mengalami penurunan sebesar 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu tahun 2020 angka pencarian mencapai 280 lebih.

Hal itu disampaikan Malik Panitra Muda mewakili Humas Pengadilan Agama Kabupaten Mesuji.

Malik menjelaskan, angka perceraian menurun sebesar 10 persen di tahun 2021. Ini rata-rata umur perceraian berkisar 30 tahun, hampir semuanya mempunyai anak satu.

Faktor ekonomi di dampak pandemi menjadi salah satu utama dari perceraian”, kata Malik kepada waktuindonesia.id, Senin (4/10/21).

Kebanyakan penggugat berasal dari pihak istri, alasannya jika seorang suami malas bekerja dan ekonominya pas-pasan.

“Jika penggugat dari laki-laki ada faktor pilihan, yaitu sang istri tidak sesuai keinginan suaminya. Ini menjadi penyebab Keharmonisan rumah tangga di dua orang tidak stabil,” terangnya.

“Berdasarkan data yang kami himpun, bulan Januari – Agustus 2021, kami telah menerima 270 pasangan yang melakukan gugatan perceraian, itu terdapat di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji. Tiga di antaranya Kecamatan Way Serdang, Tanjung Raya, dan Mesuji Timur merupakan yang terbesar,” imbuhnya.

“Kami melayani administrasi secara transparan pembayaran pun dilakukan melalui rekening bank, peserta cukup datang ke kantor membawa persyaratan seperti, buku Nikah, KTP, serta surat gugatan yang dibuat sendiri.”

Masih kata Malik, adapun biaya yang digunakan untuk mengajukan gugatan sebesar Rp675 ribu untuk proses persidangan berlangsung sampai selesai putusan hakim. Adapun dana tersebut tidak terpakai semuanya maka dana sisanya akan dikembalikan kembali terhadap si penggugat,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Kebut Vaksinasi, Polres Mesuji Siapkan 1.000 Dosis per Kecamatan

(fan)

  • Bagikan