Potensi Pantai Pesibar jadi Tujuan Surfing, Dirjen PPDT Bakal Latih Pengusaha Kuliner dan Suvenir Muda

  • Bagikan

KRUI, WAKTUINDONESIA – Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung merupakan daerah yang memiliki potensi sangat besar, khususnya pada sektor pariwisata pantai sebagai tujuan liburan dan bermain surfing yang sudah mendunia, serta hasil laut yang cukup besar.

Melihat kondisi potensinya yang demikian, Direktorat Jendral (Dirjen) Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berkeyakinan Pesibar bisa mengalami kemajuan pesat melalui peran-peran pemuda yang mempunyai usaha dibidang kuliner dan suvenir.

Demikian disampaikan, Koordinator Penyerasian Pembangunan Modal Sosial dan Kelembagaan, Dirjen PPDT, Kemendes PDTT, Raja Amin Hasibuan, saat menggelar kunjungan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pesibar dalam rangka identifikasi rencana kegiatan Tahun 2022 Kemendes PDTT, Selasa (23/11/21).

Menurut Raja, banyaknya potensi yang terkandung di Pesibar khususnya sektor pariwisata pantai menjadi satu peluang besar untuk Pesibar menjadi suatu daerah yang maju dan lepas dari predikat daerah tertinggal, melalui peran-peran pemuda yang kreatif yang bergerak pada bidang usaha kuliner dan suvenir.

“Akan tetapi pemuda-pemuda di Pesibar harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas memanfaatkan peluang, jeli memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat,” ujar Raja.

Karenanya, lanjut Raja, pada awal Tahun 2022 mendatang pihaknya memproyeksikan dilangsungkannya pelatihan kepada para pemuda-pemuda di Pesibar yang memiliki usaha di bidang kuliner dan suvenir.

“Tahun depan kita akan melangsungkan pelatihan untuk seluruh pemuda di Pesibar, dengan catatan mempunyai usaha sendiri, serta batas minimal usia 17 tahun dan maksimal 35 tahun,” paparnya.

Pihaknya berharap dengan dibekalinya para pemuda yang sudah memiliki usaha dimaksud dengan pelatihan ihwal peningkatan kapasitas SDM, bisa berdampak baik terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat khususnya para pemuda.

BACA JUGA:  Deputi Odo Usulkan 3 Desa Budaya Karo Sokong Wisata Danau Toba

Sementara itu Plt Kepala Dispora, Audi Marpi, menambahkan pihaknya sendiri sangat menyambut baik rencana digelarnya pelatihan dimaksud.

“Harapannya ini bisa terlaksana dan dan meningkatnya kualitas SDM para pemuda di Pesibar, sehingga usaha-usaha yang digeluti bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat kita,” ungkapnya.

Bahkan, menurut Audi, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, agar para pemuda tidak hanya dibekali dengan pelatihan.

“Pemkab Pesibar melalui Dispora akan berupaya melakukan kerjasama dengan pihak terkait, agar pemuda yang memiliki usaha di bidang kuliner dan suvenir juga bisa mendapatkan modal usaha,” pungkasnya.

(ers/WII)

  • Bagikan