Mahasiswi Asal Lampung Barat Dapat Beasiswa di AS Diapresiasi Bupati Parosil, Ini Sosoknya

  • Bagikan
Mahasiswi Asal Lampung Barat Dapat Beasiswa di AS Diapresiasi Bupati Parosil, Ini Sosoknya
Mahasiswi Asal Lampung Barat Dapat Beasiswa di AS. Foto dok pribadi

LAMPUNG BARAT, WAKTUINDONESIA – Seorang mahasiswi asal Kabupaten Lampung Barat mendapat beasiswa di salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat (AS).

Dia adalah Vina Qurrota Akyuningrum.

Prestasinya itu cukup membanggakan.

Ia memperoleh beasiswa satu semester kuliah di University of Central Missouri, AS dalam Pertukaran Mahasiswa Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) United States 2021/2022.

Dia menjadi satu-satunya wakil Sumatera dari 11 mahasiswa asal Indonesia yang mendapat beasiswa tersebut.

Prestasi yang luar biasa. Bahkan, dengan lugas Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengapresiasinya.

Lantas siapakah mahasiswi Vina Qurrota Akyuningrum?

Dia adalah salah satu mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI).

Vina Qurrota Akyuningrum meruoakan alumni SMA Negeri 1 Sukau Kabupaten Lampung Barat.

Masiswi yang karib disapa Vina ini kelahiran Kecamatan Lumbok Seminung 12 Juli 2001.

Mahasiswi starata satu (S1) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) itu telah selesai menjalani ujian akhir semester di University of Central Missouri dengan IPK 4,00.

Pencapaian Vina ini sebenarnya sudah terlihat ketika baru satu bulan kuliah di University of Central Missouri.

Saat itu, dia menyelesaikan kuis dengan nilai memuaskan dengan menempuh mata kuliah Reading 6, Writing 6, Communication Skills 5, Grammar 5 dan Seminar American Culture.

Pada pekan lalu, Vina sudah menyelesaikan semua ujian akhir semester di UTI secara daring dengan hasil nilai yang memuaskan dengan IPK 4,00 dari 10 mata kuliah dari 20 SKS.

Vina bersaing dengan mahasiswa asli Missouri dan sejawat lain dari beragam negara.

Kemampuan berbahasa Inggris Vina cukup cakap. Ia juga acap berdebat dengan mahasiswa lain dan dosen kala menerangkan sesuatu dalam perkuliahan.

Selain itu, Vina pun dapat bertemu langsung dengan Rektor University of Central Missouri Mr Roger J Best Ph D di ruang kerjanya yang tak semua orang bisa dengan mudah bertemu dengannya.

BACA JUGA:  Tak Diduga, Aleg Ini Temukan Fasilitas Pendidikan tak Layak saat Reses

Sebelum menerima Beasiswa Pertukaran Mahasiswa Program Global UGRAD United States 2021/2022 di University of Central Missouri AS, Vina memang sudah banyak menorehkan prestasi.

Pretasi itu di antaranya, Juara I Nasional Pidato Bahasa Inggris PHNC Universitas Sriwijaya 2021, Juara I Nasional Pidato Bahasa Inggris English Festival Universitas Bunda Mulia 2021, Delegasi Lampung Jambore Pemuda Indonesia 2020, Pemenang Kostum Terbaik Duta Bahasa Provinsi Lampung 2020, Duta Pemuda Provinsi Lampung 2020, Pemenang Lomba Berbalas Pantun Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2019 dan Juara 2 Pidato Bahasa Inggris EPA Polinela Lampung 2019.

Di tengah padatnya aktivitas perkuliahannya, Vina masih menyempatkan menyalurkan hobi lamanya, menulis buku (fiksi berjenis novel) tentang Amerika Serikat diberi judul Cinta Bersemi di Namsan Tower.

Prestasinya itu tentu saja membanggakan.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bahkan mengungkapkan itu.

“Merupakan suatu kebanggan bagi kita, Vina akan menginspirasi mahasiswa lainnya untuk lebih berprestasi,” kata bupati yang akrab disapa Pak Cik itu.

Bupati Parosil berharap, dengan prestasi yang diraih Vina mampu berkontribusi untuk kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Lampung Barat yang lebih baik lagi.

“Semoga Lampung Barat akan terus melahirkan putra-putri berprestasi dalam bidang pendidikan untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat, Lampung Berjaya dan Indonesia Maju,” harap Parosil.

(WII)

  • Bagikan